9 Tips Membuat CV ATS Friendly, Benar dan Lolos Screening – Buzztrend
Tips membuat CV ATS Friendly

9 Tips Membuat CV ATS Friendly, Benar dan Lolos Screening

Buzztrend.id –Tidak diterimanya lamaran pekerjaan disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor terbesar adalah format CV tidak sesuai dengan yang diminta perusahaan. Beberapa perusahaan besar kini sudah menggunakan sistem ATS. CV yang dikirim akan melalui proses pemindaian. Lantas bagaimana caranya agar CV lolos pemindaian ATS? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak artikel tentang tips membuat CV ATS Friendly sampai akhir, dijamin CV kamu bisa lolos scanning ATS.

Era digital saat ini mempengaruhi berbagai aspek dan bidang kehidupan. Selain itu era digital menuntut perusahaan untuk mencari calon karyawannya dengan sistem digital. Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang menerapkan sistem digital pada proses rekrutmen mereka. Sistem digital yang digunakan yakni dengan menggunakan sistem Application Tracking System (ATS).

Namun dengan maraknya penggunaan sistem pencarian kerja dengan menggunakan sistem ATS, membuat beberapa persen pelamar mengalami kegagalan. Kegagalan tidak lain karena disebabkan karena CV yang digunakan.

CV yang tidak sesuai dengan permintaan perusahaan atau tidak tersusun berdasarkan format ATS Friendly. Hal ini menjadi salah satu kesalahaan fatal, yang seharusnya dihindari oleh pencari kerja. CV yang tidak sesuai format ATS Friendly, tentu akan sulit untuk lolos ketahapan berikutnya.

Lantas bagaimana cara agar CV kita bisa lolos sistem ATS Friendly? Maka dari itu kamu harus menyimak artikel ini, mulai dari mengenal dan tips membuat membuat CV ATS Friendly yang sesuai.

Apa Itu CV ATS Friendly?

Tips membuat CV ATS Friendly

CV memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah CV dengan format ATS Friendly. CV dengan format ATS Friendly ini memang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Masyarakat lebih familiar dengan format CV Kreatif.

Sebelum memutuskan untuk membuat CV, lebih baik untuk mengetahui apa itu CV ATS Friendly. Application Tracking System (ATS) merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan perusahaan untuk screening CV dengan waktu cepat dan sesuai dengan kualitifikasi perusahaan.

Cara kerja dari perangkat lunak ini yakni dengan cara melakukan pemindaian data pada setiap saat jika terdapat CV yang dikirimkan ke perusahaan. Sistem akan secara otomatis mendiskualifikasi CV yang tidak sesuai dengan kualifikasi. Dengan hadirnya sistem ini, kinerja HRD akan sangat terbantu.

Baca juga :

Tips Membuat CV Menarik Agar Dilirik Rekruter

Mengenal CV ATS Friendly dan CV Kreatif, Jangan Sampai Keliru!

Tips membuat CV ATS Friendly Agar Bisa Lolos Screening HRD

Setelah berbincang-bincang mengenai penjelasan CV ATS, kita kembali ke topik utama yakni tentang tips membuat CV ATS. Tips ini akan memandu kamu pada saat melangkah untuk membuat CV ATS. Simak baik-baik tips di bawah ini agar CV kamu lolos pemindaian sistem.

1. Mengetahui posisi yang akan dilamar

Sebelum membuat CV ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai posisi yang akan kamu lamar. Jika kamu memahami dan mengetahui posisi yang dilamar, maka secara otomatis kamu akan memikirkan kata kunci penting yang akan dicantumkan dalam CV.

Kata kunci ini harus berkaitan dengan posisi yang hendak kamu lamar. Kata kunci pada CV yang dimaksud bisa dari kemampuan yang dimiliki dan tentu dibutuhkan oleh perusahaan. Jika kamu memiliki kemampuan  atau skill lebih dari satu, pilih lah skill yang sekiranya relevan dengan kualifikasi yang disertakan.

2. Menggunakan Template yang Benar

Penggunaan template pada CV ATS tidak ribet, kunci dari template CV ini yakni simplicity dan sederhana. Tidak menggunakan desain yang full color dan dekorasi semacamnya.

Jika kamu menggunakan desain yang berwarna dan terlihat tidak simple, CV tentu tidak akan terbaca oleh ATS. Karena penentuan lolos pemindaian adalah tergantung pada pembacaan sistem. Maka dari itu kami memberikan saran untuk menggunakan template sederhana dengan warna hitam putih.

Pemilihan template ini sangat penting untuk lolos dalam seleksi screening ATS. Sebagai pencari, kerja harus bisa membedakan antara CV biasa dengan CV ATS Friendly.

Buat lah template CV ATS yang mudah terbaca. Karena pada dasarnya seleksi pada CV ini menggunakan alat, bukan manusia.

Dalam membuat CV ATS perhatikan beberapa poin yang mempengaruhi pemindaian. Perhatikan tata letak penulisan informasi profil pribadi. Penulisan bisa dimulai dari kiri atas, kemudian kebagian deskripsi, pengalaman kerja, Riwayat pendidikan ke awah bawah.

Pada pembuatan template CV ATS tidak perrlu memasukan berbagai macam symbol atau hiasana apapun. Bahkan foto atau gambar tidak dianjurkan untuk dimasukan ke CV.

Pages: 1 2


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *