https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/
Tips Belanja Online Aman dan Terhindar dari Penipuan – Buzztrend
Tips belanja online

Tips Belanja Online Aman dan Terhindar dari Penipuan

Buzztrend.id – Tips belanja online memang sepertinya harus diketahui oleh masyarakat yang suka berbelanja secara online. Hal ini dilakukan tentu dengan berbagai alasan. Salah satunya agar kamu tidak mudah tertipu, dan tetap aman serta nyaman jika berbelanja online.

Hadirnya teknologi terkini, membuat kita mempermudah dalam melakukan apapun termasuk berbenlanja online. Belanja online di zaman digital apalagi masih terjadi pandemi Covid-19 menjadi salah satu kegiatan yang kamu sukai.

Kamu dapat berbelanja online di marketplace kesayangan kamu. Kini banyak terdapat berbagai macam e-commerce dan marketplace yang dapat kamu gunakan. Seperti marketplace lokal Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada. Bahkan marketplace international seperti Alibaba, Amazon dan masih banyak lagi.

Adanya marketplace ditengah-tengah hidup kita memang mengenakan dan sangat membantu kita dalam mencari kebutuhan sehari-hari.

Tentunya, dengan berbelanja di marketplace  kita tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika sering berbelanja di matketplace, kita akan sering dimanjakan dengan berbagai potongan harga beserta gratis ongkir. Sungguh nyaman bukan?

Namun kalian tahu ga sih? Berbelanja di marketplace selain ada manfaatnya, namun juga terdapat risiko yang kita dapatkan.

Risiko dapat berupa barang yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Bahkan penipuan yang dilakukan oleh seller yang tidak jujur.

Maka dari itu, sebelum kamu berbelanja secara online. Kamu harus memperhatikan berbagai hal agar terhindar dari penipuan dan tetap berbelanja dengan dan nyaman.

Tips berbelanja online agar terhindar dari penipuan

Riset harga produk

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yakni melakukan riset harga. Kamu dapat melakukan riset harga dengan toko lain dan juga dengan toko resmi yang menjual prodk tersebut.

Kamu harus curiga jika menemukan harga yang tidak terbilang lebih murah dari toko resmi. Kamu jangan sampai termakan dengan produk yang memasang produk dengan harga murah.

Kamu harus teliti dalam berbelanja secara online. walaupun harga produk murah, jangan sampai terjebak dengan harga yang murah. Seller mungkin beralasan bahwa toko sedang cuci gudang atau sedang dalam event tertentu.

Membaca informasi atau deskripsi produk

Beberapa dari kalian terkadan tergesa-gesa untuk membaca deskripsi produk. Atau bahkan tidak membaca deskripsi produk.

Jangan lakukan hal itu jika kamu berbelanja di marketplace. Jika kamu berbelanja di marketplace kamu harus menjadi pembeli yang selektif. Looders harus tetap membaca deskripsi produk. Karena dengan membaca deskripsi produk itu sangat membantu looders. Apakah barang yang akan dibeli sudah sesuai atau belum.

Dengan begitu kamu tidak akan salah membeli barang yang kamu inginkan.

Hal yang perlu kamu lakukan dalam membaca deskripsi produk yakni memastikan nama produk yang akan kamu beli. Cek warna produk yang kamu incar, apakah warna yang kamu inginkan masih tersedia? Setelah itu cek informasi lainnya mengenai produk yang akan kamu beli.

Jika kamu mengalami kebingungan mengenai informasi produk yang akan kamu beli, kamu bisa menghubungi toko tersebut untuk menanyakan informasi produk. Kamu dapat menanyakan informasi produk pada fitur inbox atau pesan.

Melihat bintang (Star seller) atau reputasi toko

Tips belanja online

Tips lainnya yang harus kamu lakukan adalah mengecek terlebih dahulu reputasi yang dimiliki oleh toko yang dituju.

Melihat reputasi toko jangan dianggap remeh. Hal ini justru menjadi poin penting buat kamu jika ingin berbelanja di marketplace.

Dengan melihat reputasi toko, kamu dapat mengetahui performa atau reputasi toko tersebut. Apakah memiliki reputasi baik, kurang baik, atau bahkan memiliki reputasi toko yang buruk.

Looders, untuk hal ini Lood Indonesia memberikan saran kepada kamu sebelum membeli produk di suatu toko untuk memperhatikan terlebih dahulu mengenai dua poin yang harus dimiliki oleh sebuah toko di marketplace. Yang pertama toko memiliki predikat star seller, dan yang kedua memiliki penilaian bagus dari pelanggan mereka.

Cek review customer sebelumnya

Tips Belanja Online

Selanjutnya setelah melihat reputasi toko. Tips berikutnya yaitu melihat ulasan atau review dari pembeli atau customer.

Ulasan dari customer dapat menjadi salah satu tips untuk kamu pada saat akan berbelanja online.

Ulasan customer dapat mengetahui bagaimana kualitas produk yang dijual.

Toko bagus merupakan toko dengan banyak ulasan positif. Minim atau bahkan tidak ada keselahan produk dan pengiriman.

Tidak melakukan transaksi pembayaran melalui rekening penjual

Tips belanja online

Jika terdapat seller yang meminta untuk melakukan transaksi di luar marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau seller menyuruh untuk melakukan transfer ke rekening pribadi. Kamu harus lebih berhati-hati.

Marketplace resmi seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli. Tidak akan melakukan proses transaksi melalui pihak ketiga atau ada yang menjembatani penjual dengan pembeli.

Jika berbelanja online biasanya uang yang telah kita bayarkan akan masuk ke marketplace terlebih dahulu. Setelah itu uang baru masuk ke dalam rekening penjual.

Menggunakan metode pembayaran langsung ( COD )

Tips selanjutnya yakni menentukan metode pembayaran. Dalam marketplace tersedia membayar barang melalui rekening, perantara ketiga seperti Alfamart atau Indomaret, serta melalui sistem cash on delivery (COD).

Namun jika ragu dengan produk yang dibeli, kamu dapat memilih metode pembayaran melalui sistem cash on delivery (COD).

Jika barang sudah sampai, barang bisa langsung diperiksa. Saat membuka atau unboxing barang yang telah dibeli, jangan lupa untuk divideo. Dengan adanya video kamu bisa komplain, jika barang yang kamu beli tidak sesuai.

Usahakan membeli barang dari toko resmi

Jika masih ragu dengan toko yang kamu tuju. Kamu bisa berbelanja online, di seller resmi. Tentunya dengan berbelanja melalui seller resmi, keamanan akan terjamin. Serta barang dijamin asli.

Belanja online memang mengasikan dan mempermudah kita. Karena berbelanja online melalui smartphone dan dengan klik klik saja, kamu sudah bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan tanpa repot-repot untuk keluar dari rumah.

Namun kamu harus menjadi pembeli yang teliti dan jeli jika berbelanja online. Nah demikian tips belanja online dari Buzztrend.id, semoga membantu kalian dalam berbelanja online.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *