Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Tulis Tangan: Mengapa Penting dan Bagaimana Cara Menulisnya? – Buzztrend
surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan

Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Tulis Tangan: Mengapa Penting dan Bagaimana Cara Menulisnya?

Dalam era teknologi digital saat ini, banyak orang mungkin beranggapan bahwa surat lamaran kerja ditulis tangan sudah tidak relevan. Namun, ternyata banyak perusahaan yang masih menghargai adanya surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan. Mengapa hal ini penting dan bagaimana cara menulisnya? Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai topik tersebut.


Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan, Apakah Masih Relevan?

surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan
illustrasi ruang kerja – surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan

Mungkin Anda berpikir, mengapa harus repot-repot menulis surat lamaran kerja dengan tangan saat sudah ada email, aplikasi pengolah kata, dan berbagai cara lain yang lebih praktis? Ternyata, beberapa perusahaan justru menilai surat lamaran tulis tangan sebagai bukti kesungguhan pelamar. Seorang pelamar yang mau meluangkan waktu untuk menulis surat dengan tangan menunjukkan bahwa dia serius dalam melamar pekerjaan dan memiliki ketelitian.

Selain itu, surat lamaran tulis tangan juga mencerminkan kepribadian seseorang. Gaya tulisan dan struktur kalimat dapat menggambarkan karakter pelamar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan.

Persiapan Menulis Surat Lamaran Tulis Tangan

Sebelum mulai menulis surat lamaran, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu:

  1. Gunakan kertas berkualitas dan berwarna putih atau krem agar terlihat profesional.
  2. Siapkan alat tulis yang nyaman digunakan, seperti pulpen berwarna hitam atau biru tua dengan ujung yang tidak terlalu tebal.
  3. Tentukan format surat lamaran yang akan Anda gunakan, apakah itu surat lamaran resmi atau surat lamaran dalam bentuk paragraf.

Setelah semuanya siap, kini saatnya mulai menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan.

Struktur Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Kop Surat dan Alamat Penerima

Di bagian atas surat, tuliskan kop surat yang mencakup nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda. Setelah itu, tulis alamat penerima surat, lengkap dengan nama perusahaan dan jabatan orang yang akan menerima surat lamaran.

2. Salam Pembuka

Sampaikan salam pembuka yang sopan dan formal, seperti “Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima]”, atau “Kepada Yth. HRD [Nama Perusahaan]”.

3. Paragraf Pembuka

Di paragraf pembuka, perkenalkan diri Anda dan sebutkan posisi yang Anda lamar. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana Anda mengetahui informasi lowongan pekerjaan.

4. Paragraf Isi

Dalam paragraf ini, jelaskan kualifikasi, pengalaman, dan keahlian yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Berikan contoh konkret dari pengalaman kerja atau prestasi Anda yang menunjukkan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk menyampaikan nilai tambah yang bisa Anda bawa untuk perusahaan.

5. Paragraf Penutup

Tutup surat lamaran dengan mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Sampaikan juga harapan untuk dapat bertemu dalam wawancara dan diskusi lebih lanjut mengenai kesesuaian Anda dengan posisi yang ditawarkan. Akhiri dengan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya” atau “Salam hormat”.

6. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Setelah salam penutup, beri jarak beberapa baris untuk menuliskan tanda tangan Anda, lalu tulis nama lengkap Anda di bawahnya.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Tulis Tangan

Berikut beberapa tips untuk membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar:

  1. Tulis dengan rapi dan jelas, serta pastikan tulisan Anda mudah dibaca.
  2. Periksa kembali ejaan dan tata bahasa agar tidak ada kesalahan yang dapat mengurangi kredibilitas Anda.
  3. Hindari penggunaan singkatan dan bahasa yang tidak formal.
  4. Jangan menulis terlalu panjang, usahakan agar surat lamaran tidak lebih dari satu halaman.
  5. Sesuaikan informasi yang Anda berikan dengan kebutuhan perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Saat Anda mengirimkan surat lamaran kerja tulis tangan, jangan lupa untuk melampirkan dokumen pendukung seperti CV, portofolio, dan dokumen lain yang diperlukan. Jika Anda ingin mempelajari cara membuat CV yang menarik dan efektif, Anda bisa mengunjungi tautan berikut: Cara Membuat CV yang Menarik dan Efektif.

Selain itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, Anda bisa mempelajari beberapa pertanyaan jebakan dan cara menjawabnya di Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya.

Jadi, meskipun surat lamaran kerja tulis tangan mungkin terasa kuno, penting untuk mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan. Dengan menulis surat lamaran yang baik, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *