Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold 5 vs Samsung Galaxy Z Fold 4 – Buzztrend

Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold 5 vs Samsung Galaxy Z Fold 4

Pada pandangan pertama, Samsung Galaxy Z Fold 5 tampak hanya menampilkan sedikit pembaruan dibandingkan pendahulunya, Samsung Galaxy Z Fold 4. Namun, dengan pemeriksaan lebih lanjut, kita akan menemukan beberapa perbedaan penting antara kedua perangkat ini, yang menyoroti kenyataan bahwa perubahan, meski tampak minor, dapat membawa dampak luar biasa pada pengalaman pengguna.

Spesifikasi Layar: Lebih Dari Sekedar Mirip

Kedua perangkat, Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Fold 4, menggunakan panel yang sama, Dynamic AMOLED 2X, untuk kedua layarnya. Ini menghasilkan kualitas gambar yang sama tingginya pada kedua perangkat. Layar internal berdimensi 7,6 inci, menampilkan resolusi 2176 x 1812 piksel dan frekuensi refresh mencapai 120Hz, sementara layar eksternal meluas sepanjang 6,2 inci dengan resolusi 2316 x 904 piksel. Ini adalah salah satu elemen inti yang tetap konsisten di antara keduanya.

Kualitas Kamera: Persamaan yang Menyenangkan

Sebuah unsur lain yang menjaga keseragaman antara Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Fold 4 adalah konfigurasi kamera mereka. Keduanya dilengkapi dengan tiga lensa kamera utama yang terdiri dari sensor wide 50MP yang diperkuat dengan fitur Dual Pixel PDAF dan OIS, lensa telephoto 10MP dengan 3x Optical Zoom, dan lensa ultra-wide 12MP. Menambahkan ke hal tersebut, ada lensa 4MP tertanam di layar utama dan 10MP di layar luar yang memberikan variasi lengkap dalam mengambil gambar dan merekam video.

Samsung Galaxy Z Fold 5

Pengisian Baterai: Tetap Konsisten

Samsung Galaxy Z Fold 5 mengikuti jejak Galaxy Z Fold 4 dalam hal kapasitas baterai dan opsi pengisian daya. Keduanya mempertahankan baterai berkapasitas 4.400mAh yang mendukung pengisian 25W Fast Charging, 15W Wireless Charging, dan 4,5W Wireless Reverse Charging. Ini memastikan bahwa pengguna dapat mengandalkan perangkat mereka untuk berfungsi sepanjang hari dengan satu kali pengisian.

Perubahan Signifikan: Dapur Pacu yang Lebih Kuat

Namun, meski ada banyak kesamaan dalam spesifikasi kedua perangkat, ada juga beberapa peningkatan penting pada Samsung Galaxy Z Fold 5. Salah satu perubahan yang paling signifikan adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy pada Galaxy Z Fold 5, yang memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan Snapdragon 8+ Gen 2 pada Galaxy Z Fold 4.

Samsung Galaxy Z Fold 5 menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy yang dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-X3, Cortex-A715, dan Cortex-A510 dengan kecepatan hingga 3,36GHz dan GPU Qualcomm Adreno 740. Dengan kecepatan clock yang lebih tinggi dan pengolah grafis yang lebih canggih, Galaxy Z Fold 5 mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari perangkat dengan performa luar biasa.

Bobot dan Ukuran: Lebih Ringan, Lebih Ramping

Dalam hal bobot dan ukuran, Samsung Galaxy Z Fold 5 kembali menunjukkan keunggulannya dibandingkan Galaxy Z Fold 4. Galaxy Z Fold 5 lebih ringan 10 gram dan ketebalannya hanya 6,1mm ketika dibuka, lebih tipis daripada Z Fold 4 yang memiliki ketebalan 6,3mm. Perubahan ini mungkin tampak minor, namun, dapat memberikan dampak besar pada kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Teknologi Engsel Baru: Lipatan yang Lebih Sempurna

Teknologi engsel baru, Flex Hinge, memungkinkan Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki tampilan yang lebih rapi dan kompak ketika dilipat dengan ketebalan 13,4mm yang merata, sedangkan Galaxy Z Fold 4 memiliki rongga yang membuat ketebalan di sisi engsel dan ujungnya berbeda, yaitu 15,8mm dan 14,2mm. Teknologi engsel baru ini tidak hanya memberikan tampilan estetika yang lebih baik, tetapi juga meminimalkan celah yang bisa menjadi pintu masuk debu, sehingga mengurangi risiko kerusakan.

Kecerahan Layar dan Perlindungan: Lebih Cerah, Lebih Kuat

Samsung Galaxy Z Fold 5 juga memperkenalkan peningkatan signifikan dalam tingkat kecerahan maksimum, mencapai 1.750nits, naik sekitar 30 persen dibandingkan dengan layar Galaxy Z Fold 4 yang hanya mencapai 1.300nits. Selain itu, Galaxy Z Fold 5 juga sudah mengusung Corning Gorilla Glass Victus 2, menawarkan proteksi yang lebih mumpuni dibandingkan Gorilla Glass Victus+ yang digunakan pada Galaxy Z Fold 4. Ini adalah peningkatan lain yang memastikan bahwa Samsung Galaxy Z Fold 5 bukan hanya unggul dalam hal performa, tapi juga dalam hal daya tahan dan keawetan.

Sehingga, meski pada awalnya tampak hanya menghadirkan sedikit pembaruan, Samsung Galaxy Z Fold 5 ternyata menawarkan sejumlah peningkatan signifikan yang membuatnya lebih unggul daripada pendahulunya. Dengan pengaruh yang luar biasa ini, Samsung Galaxy Z Fold 5 pantas menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan perangkat lipat terbaru dengan performa maksimal.

Kesimpulan

Jadi, meski sekilas perbedaan antara Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Fold 4 tampak minor, namun peningkatan yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold 5 membuat perangkat ini lebih unggul dan berdaya saing. Dengan peningkatan dalam hal dapur pacu, bobot dan ukuran, teknologi engsel, dan kecerahan layar serta proteksi, Samsung Galaxy Z Fold 5 jelas menunjukkan evolusi dari pendahulunya dan menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi pengguna smartphone lipat.

Tanya Jawab (FAQ)

1. Apa perbedaan utama antara Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Samsung Galaxy Z Fold 4?

Meski banyak spesifikasi yang sama antara Galaxy Z Fold 5 dan Z Fold 4, perbedaan utamanya terletak pada chipset yang digunakan, bobot dan ukuran, teknologi engsel, serta kecerahan layar dan proteksi. Galaxy Z Fold 5 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy, bobot dan ukurannya lebih ramping, teknologi engsel baru (Flex Hinge), dan tingkat kecerahan layar yang lebih tinggi serta proteksi yang lebih kuat dengan Corning Gorilla Glass Victus 2.

2. Apakah Samsung Galaxy Z Fold 5 lebih baik daripada Galaxy Z Fold 4?

Ya, dalam banyak hal, Samsung Galaxy Z Fold 5 menawarkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 4. Dengan peningkatan performa, bobot dan ukuran yang lebih ramping, teknologi engsel baru, serta kecerahan layar yang lebih tinggi dan proteksi yang lebih kuat, Galaxy Z Fold 5 menawarkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

3. Apakah worth it untuk upgrade dari Samsung Galaxy Z Fold 4 ke Galaxy Z Fold 5?

Keputusan untuk upgrade tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Jika Anda adalah pengguna yang menghargai peningkatan performa, bobot dan ukuran yang lebih ramping, dan kecerahan layar yang lebih tinggi serta proteksi yang lebih kuat, maka upgrade ke Samsung Galaxy Z Fold 5 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda merasa bahwa Galaxy Z Fold 4 masih memenuhi kebutuhan Anda, maka mungkin tidak perlu untuk upgrade dalam waktu dekat.

4. Apakah Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki layar yang lebih baik daripada Galaxy Z Fold 4?

Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki tingkat kecerahan maksimal yang lebih tinggi, mencapai 1.750nits, naik sekitar 30 persen dibandingkan dengan layar Galaxy Z Fold 4 yang hanya mencapai 1.300nits. Selain itu, Galaxy Z Fold 5 juga sudah mengusung Corning Gorilla Glass Victus 2, yang menawarkan proteksi yang lebih mumpuni dibandingkan Gorilla Glass Victus+ yang digunakan pada Galaxy Z Fold 4. Jadi, dalam hal kecerahan dan proteksi, layar pada Galaxy Z Fold 5 lebih unggul.

5. Apakah Samsung Galaxy Z Fold 5 lebih ringan dan ramping daripada Galaxy Z Fold 4?

Ya, Samsung Galaxy Z Fold 5 lebih ringan 10 gram dan ketebalannya hanya 6,1mm ketika dibuka, lebih tipis daripada Z Fold 4 yang memiliki ketebalan 6,3mm. Ketika dilipat, Galaxy Z Fold 5 juga memiliki ketebalan 13,4mm yang merata, lebih ramping dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 4.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *