Buzztrend.id – GopayLater merupakan salah satu fitur yang terdapat di aplikasi gojek. GopayLater adalah layanan pembayaran untuk melakukan transaksi setelah memesan layanan tertentu. Hadirnya GopayLater membuat masyarakat mengandalkan GopayLater.
Teknologi digital berkembang sangat pesat dalam beberapa waktu terakhir, sehingga mampu menjangkau kelompok yang sebelumnya sulit dijangkau dan mampu menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat khususnya dalam pelayanan keuangan formal. Sehingga semakin kesini, makin banyak masyarakat yang tertarik menggunakan layanan keuangan formal.
Bicara soal layanan keuangan formal atau adopsi pembayaran digital lewat teknologi, khusus di Indonesia sendiri terdapat istilah pasar BNPL (buy now pay later) yang semakin berkembang.
BNPL sendiri merupakan pasar yang hadir untuk mengisi peluang kredit rendah bagi masyarakat. Diperkirakan pasar BNPL ini akan terus berkembang hingga 72,8% sampai akhir tahun 2021. Lantaran di tahun 2020, penetrasi kartu kredit di Indonesia baru sekitar 6%.
Hadirnya layanan keuangan digital lewat BNPL ini diperkirakan dapat menjadi perkenalan pertama yang dapat memicu inklusi keuangan di masa depan.
“Penetrasi kartu kredit di Indonesia sendiri masih rendah sehingga akan menimbulkan peluang besar untuk penyedia jasa layanan buy now pay later atau beli sekarang bayar nanti. Tentunya layanan ini akan memberikan kemudahan bagi tiap konsumen untuk mendapatkan akses layanan keuangan berupa kredit mikro guna menunjang produktivitas sehari-hari,” kata Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Arifin Primaldhi dalam keterangannya, Rabu (10/11/2021).
Lebih lanjut, LD UI juga sempat melakukan riset untuk membandingkan sejumlah layanan yang termasuk BNLP pada periode 2021 ini. Hasilnya menunjukkan sebanyak 72% masyarakat memiliki GoPayLater, sementara 27 persen lainnya memilih layanan lain.
GoPayLater sendiri merupakan layanan BNLP dari Gojek yang menggandeng Findaya dalam operasionalnya.
Dalam hasil riset tersebut juga dijelaskan bahwa 4 dari 5 pengguna GoPayLater tidak memiliki akses ke kartu kredit. Sehingga layanan ini menjadi solusi pascabayar yang mudah diakses bagi setiap konsumen dimanapun berada.
Head of Go To Market GoPayLater Neni Veronica menerangkan layanan GoPayLater dapat menjadi layanan keuangan andalan yang dapat dipilih masyarakat, untuk memberikan solusi pengaturan keuangan yang efektif.
Terlebih, dalam layanan GoPayLater terdapat fitur Pick Your Limit, yang mana fitur tersebut dapat digunakan oleh tiap konsumen untuk mengatur limit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tiap bulan, sehingga pengguna dapat mengontrol dengan baik keuangannya.
“Ini sesuai dnegan komitmen kami yang akan menjadikan GoPayLater sebagai teman terpercaya masyarakat Indonesia dari kalangan manapun dalam proses mengatur keuangan,” terang Neni.
Neni kemudian menjelaskan bahwa GoPayLater sejak awal berdiri selalu menekankan aspek transparansi, dimana GoPayLater tidak menggunakan sistem bunga atau biaya tersembunyi. GoPayLater hanya menerapkan biaya berlangganan di tiap bulannya sehingga para pengguna hanya cukup untuk membayar sesuai dengan tagihan dan biaya langganan.
Jika para konsumen tidak menggunakan layanan GoPayLater maka tidak diharuskan untuk membayar biaya-biaya seperti yang disebutkan diatas.