5 Rekomendasi Kuliner Hidden Gems Jogja Ini Wajib Dicoba! – Buzztrend
Hidden Gems Jogja

5 Rekomendasi Kuliner Hidden Gems Jogja Ini Wajib Dicoba!

Buzztrend.id – Apa yang kalian ingat jika mendengar Kota Yogyakarta? Pasti yang kalian ingat Kota Yogyakarta adalah kota pelajar yang terkenal akan wisata budaya, alam dan kulinernya bukan? tahu kah kamu ternyata saat ini tempat kuliner di Kota Yogyakarta tidak hanya itu-itu saja loh. Saat ini banyak terdapat kuliner hidden gems Jogja yang enak-enak dan tentunya wajib kamu coba saat berkunjung ke kota istimewa ini.

Memang daerah istimewa ini memiliki berbagai macam kuliner. Baik itu kuliner modern hingga makanan tradisional yang sampai saat ini tidak hilang di makan waktu. Bahkan makanan kuliner tradisional kota Yogyakarta rasanya mengalahkan makanan modern loh!

Tapi tahu ga sih? Kalau tempat kuliner tradisional ini cenderung memiliki tempat yang tersembunyi. Walaupun memiliki tempat tersembunyi, jangan salah harga makanan dari kuliner hidden gems Jogja dibandrol dengan harga murah.

Kuliner Hidden Gems Di Jogja dengan Harga Murah Meriah

1. Lesehan Terang Bulan

https://www.instagram.com/p/CF1yIHEhw31/

Hidden gems pertama yang kita rekomendasikan yakni lesehan terang bulan. Kuliner ini terletak di jalan Margo Mulyo daerah Ngupasan.  Jika kamu ingin ke sini jangan terkecoh dengan nama terang bulan yah. Bukan berarti nama terang bulan warung ini berjualan roti terang bulan. Lesehan terang bulan adalah warung makan yang mirip dengan pecel lele pada umumnya. Jika kamu berencana ingin mampir ke lesehan terang bulan, kamu bisa mengunjunginya mulai dari pukul 21.00 hingga 00.30 WIB.

Di tempat ini merkea menyajikan berbagai menu makanan. Mulai dari ayam goreng, nasi gudeg, hingga dara goreng. Harga yang dibandrol oleh lesehan terang bulan ini pun cukup murah, yakni mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp25.000.

2. Gudeg Pawon

https://www.instagram.com/p/Ba1bX79HGpe/

Rekomendasi hidden gems yang kedua yakni gudeg pawon. Gudeg pawon dalam dunia perkulineran sudah lumayan banyak diketahui oleh banyak orang. Jadi tidak heran jika pada saat kamu berkunjung banyak orang yang datang untuk makan di sana.

Gudeg yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini memiliki ciri khas yakni pengunjung dapat menikmati gudeg secara langsung di dalam pawon. Menikmati gudeg secara langsung di pawon ini memiliki sensai tersendiri.

Rasa dari gudeg pawon pun berbeda dengan gudeg-gudeg pada umumnya yang ada di Jogja. Jika gudeg pada umumnya memilik cita rasa manis. Gudeg pawon ini memiliki cita rasa gurih.

Jika kamu merasa lapar dan kebetulan berada di daerah Umbulharjo tidak ada salahnya menyoba gudeg pawon. Namun jangan kaget jika pertama kali datang melihat antrean yang begitu panjang.

3. Bakmi Jawa Pak Gembel

https://www.instagram.com/p/CO5NAwGrfvD/

Bakmi jawa pak gembel menjadi warung bakmi yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke Jogja. Yaps wajib banget! Karena bakmi yang satu ini berbeda dengan bakmi pada umumnya. Yang menjadi pembeda bakmi ini dengan bakmi yang lain yakni terletak pada dekorasi warung yang diperlihatkan ke konsumen.

Yaps betul sekali. Bakmi jawa Pak Gembel memiliki bangungan dengan dinding yang dipenuh dengan hiasanya wayang kulit khas Jawa. Tidak hanya dihiasi dengan  dekorasi wayang kulit. Namun juga terdapat pajangan foto-foto lawas dan barang antik seperti radio lawas.

Dengan memberikan dekorasi yang antik dan terkesan budaya Jawa nya, membuat konsumen yang berkunjung merasakan budaya Jawa yang kental di warung bakmi Pak Gembel.

Untuk harga per porsi makanan di sini pun tidak dibandrol dengan harga mahal. Satu porsi bakmi diharga Rp17.000 saja. Selain itu juga tersaji teh tarik loh! ini bukan teh tarik sashet, namun teh tarik yang memang dibuat dengan teknik khas Aceh.

4. Sego Empal Bu Warno

Hidden Gems Jogja
Sego Empal Bu Warno / Sumber foto : iNews

Rekomendasi selanjutnya yaitu sego empal Bu Warno yang terletak di Jalan Brijen Katamso. Sego empat Bu Warno menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin makan daging empuk dengan citarasa yang menggugah selera.

Sego empal yang disajikan ini memiliki beragam rasa. Mulai dari rasa gurih dan manis. Namun yang paling menggoda selera makan kita adalah aroma makanan yang sangat khas dari daging tersebut. Apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal korek. Wah sangat enak dan mantap sekali!

5. Sate Ratu

https://www.instagram.com/p/CXnMl-ILEyI/

Makanan yang satu ini mulai booming dan viral pada awal pandemi Covid-19. Ada hal unik yang akan kamu dapatkan pada saat menikmati sate ratu. Sate pada umumnya kan menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkap. Namun tahu kah kamu? di sate ratu kamu tidak akan mendapatkan bumbu kacang. Itu lah yang menjadi pembeda dengan sate-sate lain.

Sate merah dalam menu sate ratu ini dibuat dengan cara sate ayam direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 3 jam. Setelah direndam dengan bumbu khusus, sate baru masuk ke tahap dibakar hingga memiliki tekstur caramelized.

Banyak varian menu yang bisa kamu nikmati di Sate Ratu. Menu yang kami rekomendasikan adalah sate kulit, sate lilit, ceker tugel dan masih banyak menu lainnya. Satu porsi yang disajikan oleh Sate Ratu dibandrol dengan harga Rp23.000 saja loh!

Nah terlihat menggoda selera kan? itu lah rekomendasi kuliner hidden gems Jogja yang bisa kamu coba jika suatu saat berkunjung atau liburan ke Kota Yogyakarta persiapkan list kuliner hidden gems agar kamu bisa menikmati semua kuliner di Kota Yogyakarta.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *