https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/
Inilah Biaya Pasang Panel Surya 900 Watt Terbaru 2023 – Buzztrend
harga panel surya 900 Watt

Inilah Biaya Pasang Panel Surya 900 Watt Terbaru 2023

Menjelajah dunia energi alternatif, anda mungkin bertanya-tanya hingga browsing tentang harga panel surya 900 watt. Tahun 2023 mencatatkan peningkatan minat masyarakat akan teknologi ini, terutama di kalangan mereka yang berkeinginan untuk memasuki era ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi terbarukan. Panel surya dengan kapasitas 900 watt mampu menghasilkan daya listrik yang memadai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Ada tiga opsi utama yang dapat dipilih saat memasang panel surya: sistem ongrid, offgrid, dan hybrid. Lantas, apa sih perbedaan antara ketiganya? Berapakah harga panel surya 900 watt untuk masing-masing sistem tersebut? Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam untuk menjawab semua pertanyaan tersebut.

Selain itu, kita juga akan membahas beberapa topik tambahan yang berkaitan dengan panel surya, seperti cara merawat panel surya, pentingnya efisiensi energi, dan dampak panel surya terhadap lingkungan.

Harga Panel Surya 900 Watt
illustration: paradise energy solution

Baca Juga: Biaya Pasang Panel Surya 500 Watt

Harga Panel Surya 900 Watt: Memahami Sistem Ongrid, Offgrid, dan Hybrid

Ketiga sistem ini memiliki perbedaan mendasar dalam cara mereka terhubung dengan jaringan listrik serta penggunaan baterai. Sistem ongrid terhubung langsung ke jaringan listrik, offgrid beroperasi secara independen, dan hybrid merupakan gabungan dari kedua sistem tersebut. Dalam penjelasan mendalam ini, kita akan membahas lebih rinci mengenai harga panel surya 900 watt untuk sistem ongrid dan offgrid, yang umumnya lebih diminati oleh konsumen.

Rincian Harga Panel Surya 900 Watt

Berikut adalah detail komponen yang diperlukan dalam memasang sistem panel surya ongrid dan perkiraan harga panel surya 900 watt untuk setiap elemen tersebut:

Biaya Pemasangan Panel Surya 900 Watt Ongrid

  • Panel Surya
    Dalam sistem ini, Anda perlu memiliki panel surya dengan kapasitas lebih dari 900 watt, mengingat sebagian energi akan terbuang selama proses konversi dari DC ke AC. Misalnya, Anda memilih 2 unit panel surya 500 watt atau 5 unit 200 watt, dengan perkiraan harga Rp 1.000.000 per unit. Jadi, total biaya untuk panel surya adalah Rp 5.000.000.
  • Inverter
    Inverter berfungsi untuk merubah output listrik DC dari panel surya menjadi AC. Pilihlah inverter dengan kapasitas lebih dari 900 watt, seperti inverter 1200 watt, dengan perkiraan harga Rp1.500.000.
  • Proteksi Kelistrikan
    Anda akan membutuhkan 3 MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk melindungi sistem Anda dari lonjakan listrik, dengan total harga sekitar Rp 350.000.
  • Mounting dan Tiang Solar Panel
    Jika Anda ingin memasang panel surya di atap atau menggunakan tiang besi, Anda memerlukan tambahan biaya sekitar Rp500.000.
  • Kabel dan Stopkontak
    Biaya ini akan bergantung pada panjang dan jenis kabel yang Anda pilih, dengan perkiraan harga Rp 150.000.

Berdasarkan perkiraan tersebut, total biaya pemasangan panel surya 900 watt ongrid adalah sekitar Rp 7.500.000. Perlu diingat, biaya ini belum termasuk ongkos kirim jika Anda membeli komponen secara online.

Biaya Pemasangan dan Harga Panel Surya 900 Watt Offgrid

Berikut ini adalah rincian komponen dalam memasang sistem panel surya offgrid dan perkiraan harga panel surya 900 watt untuk setiap komponen:

  • Panel Surya
    Sama seperti sistem ongrid, Anda membutuhkan panel surya dengan kapasitas lebih dari 900 watt. Misalnya, Anda memilih 5 unit panel surya 200 watt, dengan perkiraan harga Rp 1.000.000 per unit. Jadi, total biaya untuk panel surya adalah Rp 5.000.000.
  • SCC MPPT
    SCC (Solar Charge Controller) digunakan untuk mengoptimalkan pengisian daya dari panel surya ke baterai. Anda bisa menggunakan SCC MPPT 10A/12-24 volt, dengan harga sekitar Rp100.000.
  • Inverter
    Inverter diperlukan untuk mengubah listrik DC dari baterai menjadi AC. Pilihlah inverter dengan kapasitas lebih dari 900 watt, misalnya inverter 1200 watt, dengan perkiraan harga Rp1.500.000.
  • Baterai (Aki)
    Untuk sistem ini, Anda memerlukan baterai atau aki untuk menyimpan energi dari panel surya. Misalnya, Anda memilih 4 unit aki 12V 100Ah, dengan harga sekitar Rp 2.000.000 per unit. Jadi, total biaya untuk baterai adalah Rp 8.000.000.
  • Proteksi Kelistrikan
    Sama seperti sistem ongrid, Anda membutuhkan 3 MCB untuk melindungi sistem Anda, dengan total harga sekitar Rp 350.000.
  • Mounting dan Tiang Solar Panel
    Jika Anda ingin memasang panel surya di atap atau menggunakan tiang besi, Anda memerlukan tambahan biaya sekitar Rp500.000.
  • Kabel dan Stopkontak
    Biaya ini akan bergantung pada panjang dan jenis kabel yang Anda pilih, dengan perkiraan harga Rp 150.000.

Berdasarkan perkiraan tersebut, total biaya pemasangan dan harga panel surya 900 watt offgrid adalah sekitar Rp 15.950.000.

Di penghujung pembahasan, biaya pemasangan atau harga panel surya 900 watt akan tergantung pada sistem yang Anda pilih dan komponen yang Anda butuhkan. Selalu lakukan penelitian Anda sendiri dan belilah dari penjual terpercaya untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik. Ingatlah bahwa investasi dalam panel surya bukan hanya tentang uang yang Anda keluarkan sekarang, tetapi juga tentang penghematan biaya listrik dan manfaat lingkungan di masa mendatang.

BACA JUGA : Cara Kerja Panel Surya

Perbandingan Biaya PLTS 900 Watt On Grid dan Off Grid

Selanjutnya, mari kita bandingkan biaya dari sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) 900 Watt tipe On Grid dan Off Grid.

Tabel berikut memperlihatkan rincian komponen dan biaya untuk setiap sistem:

KomponenJumlahOn GridOff Grid
Panel Surya Poly 200Wp5Rp 5.000.000Rp 5.000.000
Inverter 1200W1Rp 1.500.000Rp 1.500.000
SCC MPPT1Rp 450.000
Aki VRLA4Rp 8.000.000
Proteksi Kelistrikan3Rp 350.000Rp 350.000
Mounting dan Tiang2Rp 500.000Rp 500.000
Kabel dan Stopkontak2Rp 150.000Rp 150.000
Total BiayaRp 7.500.000Rp 15.950.000

Dari tabel di atas, terlihat bahwa biaya pasang harga panel surya 900 watt on grid adalah Rp7.500.000, sementara biaya pasang / harga panel surya 900 watt off grid adalah Rp15.950.000. Perbedaan biaya ini cukup signifikan, terutama karena sistem off grid memerlukan aki untuk menyimpan listrik yang memungkinkan sistem ini beroperasi 24 jam.

Mengapa Ada Perbedaan Biaya Pasang Harga Panel Surya 900 Watt On Grid dan Off Grid?

Perbedaan utama antara sistem on grid dan off grid terletak pada koneksi ke jaringan listrik umum dan penggunaan baterai. Sistem on grid langsung terhubung ke jaringan listrik, sedangkan sistem off grid beroperasi secara independen dari jaringan listrik dan memerlukan baterai untuk menyimpan energi.

Pada sistem off grid, Anda bisa menyimpan energi yang dihasilkan panel surya untuk digunakan saat tidak ada sinar matahari, seperti pada malam hari atau saat cuaca mendung. Keuntungan ini membuat sistem off grid lebih mahal, karena memerlukan biaya tambahan untuk aki.

Cara Mengurangi Biaya Pasang Harga Panel Surya 900 Watt

Ada beberapa cara untuk mengurangi biaya pasang panel surya 900 watt. Anda bisa memilih untuk tidak menggunakan beberapa komponen seperti tiang dan mounting solar panel jika Anda memiliki tempat yang cocok untuk meletakkan panel surya, seperti atap rumah yang sudah datar dan mendapatkan sinar matahari langsung.

Selain itu, Anda bisa mencari penjual yang menawarkan paket lengkap dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli setiap komponen secara terpisah. Beberapa penjual bahkan menawarkan layanan pemasangan gratis atau dengan biaya yang sangat rendah.

Penting untuk diingat, biaya pemasangan ini hanya sebagian kecil dari manfaat jangka panjang yang akan Anda peroleh dari panel surya. Anda bisa menghemat biaya listrik bulanan, berkontribusi pada lingkungan, dan bahkan mendapatkan keuntungan finansial jika sistem Anda menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang Anda gunakan (untuk sistem on grid).

Perbedaan Sistem Off Grid, On Grid, dan Hybrid

1. Sistem On Grid

Sistem PLTS on grid adalah jenis instalasi panel surya yang langsung terhubung ke jaringan listrik PLN. Sistem ini tidak membutuhkan aki karena tidak menyimpan energi. Alih-alih, energi yang dihasilkan langsung digunakan atau dikirimkan kembali ke jaringan listrik PLN.

Keuntungan utama dari sistem ini adalah biaya pemasangannya lebih rendah dibandingkan dengan sistem off grid atau hybrid. Selain itu, jika panel Anda menghasilkan lebih banyak energi daripada yang Anda butuhkan, Anda bisa menjual kelebihan energi tersebut ke PLN. Namun, kelemahannya adalah jika listrik PLN padam, sistem on grid Anda tidak akan berfungsi.

2. Sistem Off Grid

Sistem PLTS off grid adalah jenis sistem yang bekerja secara independen dari jaringan listrik PLN. Dalam sistem ini, energi yang dihasilkan panel surya disimpan dalam aki dan bisa digunakan kapan saja, termasuk saat tidak ada sinar matahari atau saat listrik PLN padam.

Kelebihan dari sistem off grid ini adalah Anda memiliki kontrol penuh atas pasokan listrik Anda dan tidak perlu khawatir tentang pemadaman listrik. Akan tetapi, sistem ini memiliki biaya pemasangan yang lebih tinggi karena memerlukan aki.

3. Sistem Hybrid

Sistem PLTS hybrid adalah kombinasi dari sistem on grid dan off grid. Dalam sistem ini, panel surya Anda terhubung ke jaringan listrik PLN dan juga memiliki aki untuk menyimpan energi.

Keuntungan dari sistem hybrid adalah fleksibilitas. Anda bisa menggunakan listrik dari PLN atau energi yang disimpan dalam aki, tergantung pada kondisi dan kebutuhan Anda. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk menjual kelebihan energi ke PLN. Hanya saja, seperti sistem off grid, sistem hybrid memiliki biaya pemasangan yang lebih tinggi karena memerlukan aki.

Mengapa Memilih Sistem PLTS?

Menggunakan PLTS memiliki banyak keuntungan, tidak peduli apakah Anda memilih sistem on grid, off grid, atau hybrid. Pertama, Anda bisa menghemat biaya listrik bulanan karena sebagian atau seluruh listrik Anda dihasilkan oleh panel surya Anda.

Kedua, Anda berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Energi surya adalah sumber energi yang terbarukan dan tidak menghasilkan polusi. Dengan memilih menggunakan panel surya, Anda membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global.

Ketiga, dengan sistem on grid atau hybrid, Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial jika panel surya Anda menghasilkan lebih banyak energi daripada yang Anda butuhkan.

Mempertimbangkan manfaat-manfaat tersebut, tidak heran jika semakin banyak orang yang tertarik untuk memasang panel surya di rumah atau bisnis mereka. Namun, sebelum memutuskan, penting untuk mengetahui perbedaan antara sistem on grid, off grid, dan hybrid agar Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *