Buzztrend.id – Facebook luncurkan fitur belanja yakni fitur Shops in Grup (belanja di dalam grup), ada juga fitur rekomendasi produk, dan ada Live Shopping bagi para kreator.
Menurut riset yang dilakukan oleh situs statista.com tentang sosial media yang paling banyak digunakan di tahun 2021, Facebook menempati posisi pertama dengan pengguna perbulan mencapai 2,853 miliar. Ini angka yang luar biasa untuk pencapaian sebuah aplikasi sosmed yang pertama kali rilis pada 2004 oleh Mark Zuckeberg.
Tentu bukan tanpa sebab Facebook ini menjadi sosial media yang paling banyak digunakan, salah satu alasannya karena banyaknya fitur dan kegunaan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Mungkin kita tahu sendiri, facebook adalah tempat yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi, sharing, mencari teman, bersosialsiasi di sebuah grup atau komunitas, bahkan bisa juga digunakan untuk mengembangkan sebuah bisnis.
Nah inilah yang membuat para UMKM di indonesia banyak dari mereka yang mempromosikan produknya lewat jejaring sosial Facebook.
Fitur Shops in Grup ini sangat membantu para pemilik produk dan usaha agar mudah menjual produk mereka di sebuah grup yang seusai topik dan banyak anggotanya.Tetapi hal ini bisa dilakukan oleh admin grup yang bebas mengelola setiap toko online yang ada di halaman facebook yang mereka ikuti.
Dengan langkah maju ini tentunya Facebook menjadi sebuah elemen yang dapat mendorong para pemilik usaha untuk lebih berkembang dan berkreativitas lagi, hal ini juga didasari agar bisa memanfaatkan penargetan khusus dan keterlibatan dari komunitas.
Memiliki banyak fitur yang membantu pengguna sekaligus pengusaha
Soruce : socialmediatoday.com
Seperti yang anda lihat pada gamabr diatas, jadi nantinya ketika nada bergabung ke sebuah grup akan ada sebuah menu Shop yang tersedia di opsi navigasi grup tersebut, sementara itu item yang jual juga akan ditampilkan lewat panel terpisah dalam umpah grup nantinya. umpan ini tentunya akan emmebrikan lebih banyak cara untuk menyoroti sebuah produk tertentu agar bisa menarik anggota atau member dari grup tersebut.
Ketika anda memutuskan untuk membeli produk tersebut lewat halaman grup yang anda jelajahi tadi, Ada bonus pada setiap pembelian dari toko grup yang akan membantu mendukung komunitas atau grup tersebut. Hal ini pernah di ungkapkan Facebook dalam keterangan resminya.
“Misalnya, ada anggota OctaNation (grup penggemar gurita), nah sekarang anda dapat membeli stiker, mug, sampai pakaian untuk menunjukkan rasa cinta anda pada gurita.” tulis Facebook
Source : about.fb.com
Facebook sendiri belum mengkonfirmasi berapa pemotongan pendapatan atau setiap alokasi persentase yang jelas untuk setiap grup atau penjual.
Tetapi jika memungkinkan admin grup juga bisa lo untuk mengalokasikan dana yang ia dapat untuk suatu tujuan terkait jika mereka mau, atau mereka dapat mengiklankan grup tersebut agar bisa mendapatkan lebih banyak anggota lagi, jadi selain admin grup bisa untung penjual pun juga akan mendapatkan keuntungan pada tahap ini.
Sebenarnya Facebook sudah bertahun-tahun menerapkan fitur Belanja ini pada navigasinya, Tetapi karena alasan kemitraan antara merek dan pembuat konten maka ada keterbatasan disana.
Namun saat ini tampaknya facebook meluncurkan fitur ini agar kolabirasinya berjalan dengan mulis, Alih-alih influencer atau pemilik produk mengarahkan calon pembeli ke halaman untuk menotnon mereka memasakan produknya, hal ini bisa berubah karena saat ini penjual dapat melakukan suatu cross-stream dikedua halaman mereka untuk menjual produknya.
Fitur lain yang menjembatani penjual dan pembeli
Soruce : about.fb.com
Selain fitur baru mereka yakni Shops in Groups, hadir juga fitur lainnya yang mendukung para pembeli maupun penjual yang ingin menggunakan facebook sebagai sebuah toko online, Nah fitur-fitur baru tersebut seperti.
· Product Recommendations in Groups : Karena banyaknya orang yang sering meminta anggota grup untuk merekomendasikan tentang pengalaman mereka ketika menjajal suatu produk atau bagaimana kualitasnya. Alih-alih menggunakan cara manual, ada fitur yang sangat keren yakni Product Recommendations in Groups yang dapat menampilkan suatu produk yang direkomendasikan oleh para anggota grup tersebut. (dalam artian ketika si pengguna ingin meminta panduan agar dipermudah untuk mencari sebuah produk).
· Top Product Mentions : Kalau fitur ini hadir di tab News Feed yang ada di Facebook. Fitur ini berguna untuk membantu seseorang menemukan produk yang direkomendasikan banyak anggota atau banyak dibahas dalam grup tersebut, tetapi in juga akan menyertakan komentar spesifik yang dibuat agar tetap relevan dengan diskusi dari grup.
· Live Shopping for creators : untuk para pengguna Facebook yang memilik banyak pengikut atau untuk anda yang notabennya sebagai konten kreator bisa lo mempromosikan produk anda sekaligus menjualnya kepada para penonton dengan mudah. hal ini bisa dilakukan secara live.
Belanja streaming ini telah menjadi hits lo di China, dimana diadakan sebuah live-commerce dan hal ini diprediksi akan menjadi tren di pasar senilai $423 miliar pada akhir tahun depan. hal inilah yang mendasari Facebook untuk berharap dan bisa menyelasarkan tren yang sama, agar bisa membantu membertikan ambisis perdagangan yang lebih luas dan signifikan.
Nah mungkin banyak kalian tahu Facebook memang tidak memiliki fokus visual atau tren tersendiri, ia adalah sebuah aplikasi sosial media yang umumnya digunakan oleh banyak orang untuk menjelajah dunia lewat gadget mereka. namun dengan pengguna aktif lebih dari 2,8 miliar setiap bulannya, bukan tidak mungkin Facebook menjadi potensi besar agar bisa menjangkau dan menguntungkan para pemilik usaha untuk menjangkau calon konsumen mereka dengan mudah, dengan minat tertentu yang spesifik dan seusia keinginan.
Dan masih ada beberapa elemen yang perlu diperbaiki lebih lanjut lagi mengenai beberapa fitur baru Facebook ini, tetapi untuk kapasitas sendiri secara umum ini sangat bagus karena dapat menampilkan daftar produk dalam grup Facebook yang dapat membuka berbagai peluang baru untuk para pengguna facebook itu sendiri.