Dibalik Film Merindu Cahaya De Amstel Yang Diangkat Dari Kisah Nyata – Buzztrend
Merindu Cahaya De Amstel

Dibalik Film Merindu Cahaya De Amstel Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Buzztrend.id – Merindu Cahaya De Amstel adalah film Indonesia bertema drama religi yang mulai tayang di bioskop pada hari ini (20/01/2022).

Disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu proses syuting film ini dilangsungkan di beberapa daerah di Belanda, salah satunya kota Amsterdam. Film ini diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Arumi E. dari penuturan Arumi E, novel tersebut juga terinspirasi dari kisah nyata yang mengikuti perjalanan spiritual gadis Belanda bernama Marien Veenhoven.

Siapa Marien Veenhoven?

Tokoh utama dari film Merindu Cahaya De Amstel adalah Marien Veenhoven. Ia adalah seorang gadis asal Belanda yang akhirnya memeluk agama Islam. Setelah menjadi mualaf, ia merubah namanya menjadi Khadijah Veenhoven.

Dalam film ini Khadijah Veenhoven akan diperankan oleh Amanda Rawles. Dalam pengakuannya, Amanda Rawles mengaku bahwa sosok Khadijah ini memiliki kemiripan dengannya. Penyesalan akan pengalaman masa lalu Khadija sangat relate dengan dirinya

Amanda pun mengaku senang sekaligus ada sedikit terbebani karena memerankan Khadijah Veenhoven di film Merindu Cahaya De Amstel. Alasannya adalah karena ia menganggap peran ini membawa banyak sekali pesan.

“Jadi beban tersendiri juga sih sebenarnya memerankan sosok Khadija yang membawa banyak sekali pesan,” ujarnya.

Tantangan Bagi Para Pemeran Menggunakan Bahasa Belanda

Film ini nantinya juga akan banyak menggunakan bahasa Belanda supaya benar-benar mirip dengan aslinya. Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi para pemainnya.

Bagi Amanda Rawles, ini menurutnya adalah sesuatu yang baru, karena ia harus belajar bahasa Belanda hingga aksennya.

“Tapi jujur aku senang banget sih karena banyak sekali tantangannya, dari segi aksen, harus belajar bahasa Belanda, dan penampilan juga sangat berubah, hampir 90 persen di sini aku menggunakan hijab. Ini sesuatu hal yang sangat baru,” kata Amanda Rawles.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Bryan Domani yang akan memerankan tokoh Nicholas Van Djick. Bryan mengaku cukup kesulitan dalam belajar bahasa Belanda. Namun untungnya ada mentor yang dengan sabar membimbingnya untuk menguasai bahasa dan aksen Belanda.

Baca Juga:

Perkenalkan Moon Knight, Superhero Terbaru Marvel Yang Segera Tayang
Sinopsis Cerita: Padukan Kisah Religi dan Asmara

Film Merindu Cahaya De Amstel akan mengisahkan perjalanan religi dari seorang Maria/Khadijah Veenhoven. Dalam perjalanan hidupnya ia bertemu dan akhirnya jatuh cinta dengan seorang jurnalis bernama Nicholas Van Djick yang seorang non muslim.

Pertemuan antara Khadija dan Nicholas akan menambah bumbu kisah romansa beda agama dalam film ini. Takdir mereka untuk hanya menjadi sebatas teman menimbulkan banyak perpecahan.

Selain konflik beda agama, Khadijah juga dihadapkan dengan masalah lainnya. Sang sahabat bernama Kamala yang diperankan oleh Rachel Amanda ternyata diam-diam juga menyukai Nicholas. Kamala sendiri diceritakan sebagi seorang perempuan asal Yogyakarta yang berkuliah di Belanda.

Padahal Nicholas sendiri diketahui mengagumi Khadijah. Hal ini pun akan memicu konflik dalam persahabatan antara Khadija dan Kamala.

Hadirkan Tempat-Tempat Menarik di Amsterdam

Berlatara di Kota Amsterdam Belanda, film ini mengambil latar lokasi di tempat-tempat indah di ibukota Belanda tersebut. Beberapa tempat yang digunaka sebagai lokasi syuting film ini adalah Alun-Alun Museumplein dan Sungai Amstel.

Museumplein adalah tempat dimana Nicholas Van Djik (Bryan Domani) secara tidak sengaja memotret sosok Khadijah Veenhoven. Sementara Sungai Amstel sama seperti yang digunakan dalam film judulnya. Kemungkinan akan ada adegan penting yang berlangsung di Sungai Amstel.

Jika penasaran langsung tonton saja filmnya yang mulai tayang di bioskop pada hari kamis (20/01/2022).


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *