Cara Mengetahui Jenis Font pada Website dengan Mudah! – Buzztrend
Cara mengetahui jenis font pada website

Cara Mengetahui Jenis Font pada Website dengan Mudah!

Buzztrend.id – Kadang kita penasaran sedang asik-asik browsing tiba-tiba menemukan font keren dan unik, tentu kita ingin dong mengetahui jenis font pada website yang digunakan. Tapi pertanyaan terbesar bagaimana cara mengetahui jenis font pada website?

Nah tenang sebenarnya hal ini bisa saja kamu ketahui dengan bantuan beberapa cara dan tools yang akan kita bahas dibawah ini.

Selain karena pensaran, mugkin sebagaian orang ingin mengetahui nama font tertentu pada sebuah website, dilandasi rasa ketertarikan untuk menggunakannya, seperti untuk keperluan editing atau lain sebagainya.

Nah karena saat ini yang namanya font itu banyak jenis dan macamnya, maka sudah pasti ada berbagai tipe dan bentuk font unik dan keren yang ada. Baik untuk kamu yang sedang pensaran ingin ngintip apa sih nama font di halaman website ini, apa sih tipe dan jenis fontnya. Oke tidak perlu berlama-lama mari kita ulas berikut ini.

Cara Mengetahui Jenis Font di Website dengan Inspect Element

Di Browser sendiri terdapat fitur yang dinamakan inspect element dimana fitur ini sebenarnya dikhususkan untuk para Developer website. Nah untuk kamu yang ingin mengintip sebuah font tertentu bisa saja memanfaatkan fitur ini, bagaimana caranya? Simak langkah-langkah dibawah ini untuk cara mengetahui jenis font pada website.

  • Pertama silahkan kunjungi website yang ingin kamu ketahui nama fontnya.
  • Setelah itu klik kanan kemudian Inspect, atau kamu juga bisa klik shortcut F12 saja untuk lebih mudahnya.
  • Jika sudah maka akan muncul developer tab, silahkan klik ikon Mouse yang ada dipojok kanan tab developer.
  • Kemudian arahkan mouse ke sebuah elemen yang ingin kamu intip nama fontnya.
  • Maka secara otomatis kamu akan melihat informasi pada elemen tersebut, salah satunya adalah Jenis atau nama Font.
  • Oh ya dengan cara ini sebenarnya kamu bisa melihat hal-hal lain, seperti ukuran font, jarak margin sebuah elemen, warna sebuah background, dan lain sebagainya.
Cara mengetahui jenis font pada website
Cara Mengetahui Jenis Font dengan fitur Inspect Element

Cara mengetahui jenis font pada website dengan Ektension Chrome

Cara berikutnya yang tidak kalah mudah adalah memanfaatkan ektension yang ada pada browser Cara mengetahui jenis font pada website. Mungkin kita tahu sendiir bahwa setiap browser itu memiliki suatu toko ektension yang isinya banyak sekali addons keren yang memudahkan aktivitas browsing, Salah satunya adalah font inspector yang bisa melihat jenis font tertentu pada sebuah elemen di website.

  • Langkah pertama silahkan masuk ke Toko Ektension yang ada di Chrome, atau kamu jika menggunakan browser lain seperti Firefox, atau Safari juga bisa.
  • Cari dikolom pencarian yakni “Fonts Ninja” jika sudah klik tambahkan atau Add to Chrome.
Cara mengetahui jenis font pada website
Langkah 1
  • Maka secara otomatis ektension akan ditambahkan ke bilah bar di pojok kanan atas browser.
  • Sebelumnya jangan lupa masuk ke website yang ingin kamu intip fontsnya, setelah itu klik ikon Fonts Ninja di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya arahkan mouse ke elemen yang kamu ingin ketahui nama fontnya, dan akan muncul pop up berupa deskripsi font apa yang digunakan.
Langkah 2

Cara Mengetahui Jenis Font di Website dengan Website

Kalau sebelumnya kita hanya memanfaatkan bantuan dari Browser yakni menggunakan ektension dan inspect elemen, kali ini kita menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti website yang menyediakan tools fonts inspector.

Bedanya dengan cara-cara sebelumnya adalah, mungkin cara-cara diatas hanya bisa diterapkan pada sebuah webiste saja, sedangkan untuk cara kali ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui jenis font yang ada di luar web, atau dimana saja.

  • Silahkan masuk ke websitenya terlebih dahulu https://www.myfonts.com/WhatTheFont/
  • Setelah itu klik tulisan “or click here to uploud an image” untuk mengimport sebuah gambar yang kamu ingin ketahui fontnya.
  • Sebelumnya jangan lupa silahkan screenshot sebuah gambar yang berisi elemen font yang ingin kamu intip jenisnya apa.
Cara mengetahui jenis font pada website
Langkah 1
  • Nah jika sudah maka akan seperti dibawah ini, setiap elemen tulisan yang ada pada gambar akan dideteksi, dan kamu bisa melakukan cropping disana untuk memilih mana bagian yang ingin kamu deteksi nama fontnya.
  • Jika sudah dilakukan seleksi, klik saja panah hijau seperti dibawah ini.
Cara mengetahui jenis font pada website
Langkah 2
Cara mengetahui jenis font pada website
Langkah 3

Penutup

Nah itulah beberapa Cara mengetahui jenis font pada website yang bsia kamu praktekkan sendiri untuk mengintip sebuah font yang ada di website. Mungkin untuk kamu yang sedang penasaran atau ingin menggunakan sebuah font yang menarik pada suatu website dan kamu binggung tidak tahu apa namanya, Cara di atas mungkin sangat membantu kalian.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *