https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/
Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri pada Laptop – Buzztrend
Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri pada Laptop

Buzztrend.id – Pasti kamu yang sedang membaca artikel ini sedang menghadapi masalah kursor laptop bergerak sendiri dan tentunya ini membuat kita menjadi pusing dan frustasi, tapi apakah ini hanya masalah internal atau ekternal yang bisa diperbaiki? nah daripada berspekulasi yuk kita bahas tentang cara mengatasi kursor yang bergerak sendiri pada laptop.

Kursor atau pointer adalah sebuah indikator khusus yang ada pada layar yang biasanya berbentuk sepert panah, kursor ini digunakan oleh program sebagai suatu penunjuk atau pemusat perhatian dalam komunikasi anatara user dan program.

Kursor ini secara umum dibagi menjadi dua yakni kursor teks dan kursor tetikus. Teks ini adalah indikator yang menunjukkan tempat teks akan diletakkan, sedangkan tetikus adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk memilih program. Namun kalau secara luas, kursor ini dibedakan menjadi beberapa bentuk seperti kursor tangan, loading, warning, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kursor yang bergerak sendiri

Saya sendiri sebagai pengguna laptop yang aktif sekali pernah mengalami hal semacam ini, dan jujur pada saat itu tentu rasa kesal dan geramyang saya rasakan sebab sedang nyaman-nyaman dipakai malah kursor sedang tidak beres.

Sebenarnya kalau kita lihat pada penyebabnya mengapa kursor di laptop itu bergerak sendiri, seperti Mouse yang rusak, konektor yang rusak, tegangan listrik berlebihan, alas mouse yang tidak sesuai, dan lain-lainnya.

Dari pada membuat penasaran, dibawah ini akan ada beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk mengatasi kursor yang bergerak sendiri di laptop atau PC kamu.

1. Coba Cek Charger

techwithtech.com

Dulu ketika saya mengalami masalah kursor yang bergerak sendiri pada laptop saya, salah satu penyebabnya adalah charger pada laptop. Nah ketika saya colokkan charger ke laptop mouse akan secara tiba-tiba bergerak tidak karuan, dan ketika saya lepas charger dari stop kontak kursor akan kembali normal.

Nah masalah ini biasanya karena cas atau charger yang digunakan itu tidak original. Jadi sederhananya cas yang tidak original akan memiliki tegangan listrik yang tdiak sesuai dengan yang dibutuhkan laptop, jadi ini menyebabkan tegangan charge lebih besar.

2. Cek kembali Mouse yang digunakan

www.techradar.com

Selain karena charger masalah eksternal yang kemungkinan terjadi adalah masalah Mouse yang kamu gunakan sendiri, entah itu mouse sudah rusak atau perlu diganti, atau malah konektor dari mouse yang bermasalah.

Kita bedakan menjadi dua, mugkin sebagian dari kalian ada yang menggunakan mouse dengan kabel dan mouse wireless. Jadi masalah yang biasanya terjadi untuk mouse yang berkabel adalah kabel yang terjepit atau kabel yang terlipat-lipat, hal inilah yang membuat pergerakan mouse tidak stabil. Penyebab lain untuk mouse berkabel adalah USB atau mouse itu sendiri yang rusak.

Penyebab kedua adalah untuk mouse wireless yang biasanya terjadi terletak pada konektor USB yang bermasalah, baterai bermasalah, sampai karena mouse wireless tersebut memiliki frekuensi yang berbeda.

3. Nonaktifkan Touchpad pada laptop

Cara lain yang bisa kamu praktekkan sendiri adalah mematikan sementara toucpad pada laptopmu, hal ini diyakini bisa mengatasi kursor laptop yang sering bergerak sendiri, terutama untuk tocuhpad yang sudah rusak.

Untuk cara menonaktifkan sementara ini bisa dengan cara yang berbeda-beda tergantung dari setiap merek laptop, Nah dibawah ini adalah tabel untuk merek laptop dan kombinasi untuk mematikan touchpad.

Merk LaptopShortcut
AsusFn + F3/ F7/ F9
MacFn + F2
DellFn + F7
LenovoFn + F7
Toshiba Fn + F9
*Shortcut untuk menonaktifkan kursor touchpad

Acer     Fn + F7

4. Lakukan Restart Laptop

Selanjutnya yang bisa kamu ikuti mengatasi kursor yang bergerak sendiri ini adalah dengan melakukan restart atau shutdown beberapa menit dan nyalakan kembali laptop yang kamu gunakan.

Sebenarnya cara ini tidak hanya bisa mengatasi kursor yang bergerak sendiri saja, Melakukan restarting ini bisa berguna untuk berbagai masalah pada laptop.

5. Mengatur Sensitivias

Oke berikut yang menyebabkan kursor laptop atau PC kamu bergerak sendiri adalah karena sensitivitas pointer atau kursor yang terlalu tinggi sehingga menyebabkab pergerakan pointer menjadi lebih cepat dan tidak karuan.

Untuk cara menurunkan sensitivitas ini sendiri cukup mudah, dan kebanyakan laptop maupun PC memiliki cara yang sama.

  • Buka logo Windows di pojok kiri bawah
  • Cari “mouse” dikolom search
  • Kemudian klik ikon mouse atau pilihan menu mouse.
  • Setelah itu akan muncul pop-up, masuk saja ke menu Pointer Options
  • Dan pada bagian Motion, silahkan atur kecepataan atau sensitivitas sesuai keinginan.

6. Mengupdate Driver Mouse

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Cara internal lainnya yang bisa kamu praktekkan untuk mengatur kursor mouse yang bergerak sendiri adalah dengan melakukan update driver mouse ke versi yag lebih baru.

Dibawah ini adalah langkah sederhana yang bisa kamu ikuti untuk melakukan update pada driver mouse.

  • Sama seperti tadi, buka logo windows, dan lakukan pencarian “Device Manager” dikolom search.
  • Kemudian pilih logo Mouse, dan klik kanan pada driver mouse milik laptopmu, dan klik Update Driver Software.
  • Dan kamu bisa mengupdate dengan cara  Mencari Otomatis atau Manual

Nah itulah beberapa cara yang bsia kamu praktekkan untuk memperbaiki laptopmu yang mousenya sering bergerak sendiri, semoga bisa teratasi masalah tersebut.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *