https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/
Cara Menambah Kapasitas RAM Hp Android: Panduan Lengkap – Buzztrend

Cara Menambah Kapasitas RAM Hp Android: Panduan Lengkap

Ketika ukuran aplikasi Android semakin membesar dan berat, pemilik smartphone dan tablet Android lama tentu merasa terbebani. Performa yang semakin menurun menjadi masalah yang harus dihadapi. Untuk itu, mari kita pelajari cara menambah ram hp dan tablet Android.

Kali ini, kita tidak akan membahas cara menambah memori internal, melainkan hanya berfokus pada penambahan RAM. Baik perangkat yang sudah di-root maupun belum, metode yang akan kita bahas ini dapat diterapkan. Sebelumnya, ada baiknya kita memahami dulu apa itu RAM.

Apa itu RAM?

RAM atau Random Access Memory adalah memori yang bertugas untuk menyimpan data sementara. Teorinya, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan tanpa lag.

Sistem operasi juga memerlukan RAM. Jika banyak aplikasi dipasang, maka penggunaan RAM juga akan bertambah. Jika penggunaan melebihi batas kemampuan RAM, perangkat Android akan menjadi lambat, mengalami lag, dan tidak stabil. Jadi, apa ram hp bisa ditambah? Jawabannya tentu bisa!

Menambah RAM HP dengan Fitur Penambah RAM

Beberapa HP di pasaran sudah dilengkapi fitur penambah RAM atau sering disebut virtual RAM. Meski berbeda nama di setiap merek HP, fungsinya sama yaitu menambah ram hp secara virtual. Kapasitas RAM yang ditambahkan tidak ada secara fisik, namun berasal dari media penyimpanan atau storage yang “dipinjam”. Dengan demikian, kapasitas RAM menjadi lebih besar dari sebelumnya dan performa HP juga meningkat. Lalu, bagaimana cara menambahkan ram hp? Mari kita ulas satu per satu.

1. Samsung

Samsung memberi nama fitur penambah RAM ini dengan RAM Plus. Fitur ini tersedia pada HP Samsung yang menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka OneUI 4.1 ke atas.

Untuk mengaktifkan RAM Plus, caranya mudah:

  1. Buka Settings > Battery and device care > RAM Plus
  2. Pilih jumlah kapasitas yang diinginkan, mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, dan 8 GB

Dengan demikian, performa HP menjadi lebih lancar dengan kapasitas yang lebih lega.

2. Xiaomi dan POCO

Fitur penambah RAM pada Xiaomi atau POCO dinamai Memory Extension. Syaratnya, HP Xiaomi atau POCO Anda sudah menggunakan MIUI 12.5 ke atas dengan sistem operasi Android 11.

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Settings > Additional Settings > Memory Extension
  2. Tekan toggle yang ada di menu Memory Extension

3. OPPO

OPPO memiliki fitur penambah RAM yang disebut RAM Expansion. Fitur ini bisa digunakan jika HP Anda menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1 ke atas.

Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Settings > About Phone > RAM
  2. Pilih kapasitas virtual RAM, mulai dari 2 GB, 3 GB, dan 5 GB
  3. Setelah selesai dan di-restart, Anda bisa mengecek virtual RAM Anda di pengaturan

4. Vivo

Vivo memberikan nama fitur penambah RAM ini sebagai Extended RAM. Fitur ini umum ditemukan di seri V dan Y vivo.

Cara mengaktifkannya adalah:

  1. Buka Settings > RAM & storage space > RAM
  2. Tekan toggle di samping “Extended RAM”
  3. Tekan “Restart now” untuk mengaktifkan fitur ini

Setelah HP vivo Anda menyala kembali, RAM akan diperluas oleh virtual RAM dan kapasitas storage akan berkurang.

5. Realme

Realme, awalnya merupakan submerek dari OPPO, sekarang telah berkembang dan menggunakan antarmuka sendiri yaitu Realme UI. Di dalamnya, ada fitur penambah RAM yang disebut DRE atau Dynamic RAM Expansion, tetapi fitur ini hanya ada di Realme UI 2.0 ke atas.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa melakukan hal berikut:

  1. Buka Settings > About Phone > RAM
  2. Tekan toggle di samping “RAM Expansion”
  3. Pilih kapasitas RAM yang akan digunakan, mulai dari 1 GB, 2 GB, dan 3 GB
  4. Restart HP realme Anda untuk menerapkan pengaturan

Sekarang Anda sudah tahu cara menambah kapasitas memori hp dari 8gb menjadi 16gb. Dengan pengetahuan ini, Anda bisa mengoptimalkan performa HP Anda dengan mudah dan efisien.

6. Infinix

Infinix, merek smartphone asal Hongkong, menamai fitur penambah RAM-nya sebagai FusiMem atau singkatan dari Fusion Memory. Fitur ini tersedia pada perangkat dengan antarmuka XOS V 10.0.0 ke atas.

Berikut cara menambah ram hp Infinix:

  1. Buka Settings > Storage > FusiMem
  2. Pilih kapasitas RAM tambahan yang diinginkan, mulai dari 1 GB, 2 GB, dan 3 GB
  3. Untuk mengaktifkan fitur ini, tekan toggle di samping nama “FusiMem” hingga berwarna hijau

7. Tecno

Tecno, yang juga bagian dari Transsion Holdings seperti Infinix, memberi nama fitur penambah RAM-nya sebagai Memory Fusion atau disingkat menjadi MemFusion. Fitur ini hanya bisa digunakan jika perangkat lunak HP Tecno Anda telah menerima pembaruan OTA. Beberapa seri HP Tecno yang mendukung fitur ini termasuk Tecno Camon Series, Tecno Pova Neo Series, dan Tecno Spark 8 Series.

Berikut cara menambah ram hp Tecno:

  1. Buka Settings > Storage > MemFusion
  2. Tekan toggle di samping nama MemFusion
  3. Pilih kapasitas tambahan yang diinginkan, mulai dari 1 GB, 2 GB, dan 3 GB

Menambah Kapasitas RAM Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa mencoba cara menambah ram hp dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi ini tidak secara langsung menambah kapasitas RAM, namun mengoptimalkan penggunaan RAM yang ada.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan:

1. 4 GB RAM Memory Booster

cara menambah ram hp

Aplikasi ini dikembangkan oleh Arytan Technologies. Selain dapat membantu mengoptimalkan penggunaan RAM, aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti phone cooler, yang bisa menunjukkan aplikasi apa yang membuat HP Anda menjadi panas dan mengatasinya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa meningkatkan performa game di HP Anda.

2. CCleaner – Phone Cleaner

cara menambah ram hp

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk optimasi penggunaan RAM adalah CCleaner – Phone Cleaner. Aplikasi ini dikembangkan oleh Piriform dan memiliki fungsi utama untuk membersihkan file sampah yang memenuhi memori, sehingga kapasitas RAM menjadi lebih lega. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti pengelolaan aplikasi dan media file, serta fitur membersihkan sampah secara otomatis sesuai jadwal yang dibuat pengguna.

3. RAM Cleaner 10GB

Aplikasi RAM Cleaner 10GB juga bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan RAM di HP. Dengan bantuan aplikasi ini, HP Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membersihkan file sampah yang membebani memori, sehingga membuat kapasitas RAM menjadi lebih lega. Aplikasi ini dikembangkan oleh 5G Apps Studio.

Dengan berbagai cara menambah ram hp yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa lebih leluasa dalam menggunakan perangkat Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan performa HP Anda.

Cara Menghemat Kinerja RAM

Dalam meningkatkan performa RAM, melakukan rooting bisa menjadi opsi yang efektif. Namun, jika Anda khawatir akan masalah atau potensi kehilangan garansi, berikut beberapa cara menambah ram hp secara sederhana tanpa harus melakukan root.

Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Widget dan live wallpaper merupakan fitur yang cukup boros menggunakan RAM. Banyak widget yang melakukan refresh secara terus menerus dan live wallpaper berjalan selama layar menyala. Selain memakan RAM, fitur-fitur tersebut juga menghabiskan baterai dengan cepat. Oleh karena itu, kurangi penggunaan widget atau jika bisa, hapus widget dan live wallpapernya jika memang tidak dibutuhkan.

Nonaktifkan Aplikasi

Terdapat aplikasi yang terus menggunakan kapasitas RAM meskipun tidak sedang digunakan. Untuk itu, aplikasi semacam ini sebaiknya dinonaktifkan untuk mencegah lag pada Android. Anda bisa menggunakan fitur “disable application” untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Caranya, buka “Settings” kemudian pilih menu “Apps” atau “Application Manager”. Di sana, pindah ke tab “All” untuk melihat semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Anda. Pilih aplikasi yang tidak digunakan kemudian klik “Disable”.

Perlu diingat, jangan pernah menonaktifkan aplikasi yang berkaitan dengan sistem Android. Jika hal ini terjadi, biasanya akan mengakibatkan beberapa masalah pada perangkat Anda seperti fitur yang tidak berfungsi, force close, dan lainnya.

Matikan Animasi

Animasi pada Android juga memakan kapasitas RAM yang cukup besar. Oleh karena itu, lebih baik Anda mematikan animasi tersebut. Caranya, buka “Settings”, kemudian pilih “About Phone”. Pada bagian build number, tekan sebanyak 7 kali hingga muncul notifikasi bahwa Anda kini telah menjadi developer.

Setelah itu, kembali ke “Settings” lalu buka “Developer Options”. Pilih opsi “Drawing” kemudian matikan “Window Animation Scale”,  “Transition Animation Scale”, dan “Animator Duration Scale”. Dengan demikian, tidak ada lagi animasi yang menggunakan RAM secara berlebihan.

Unduh Aplikasi yang Penting Saja

Mengatur aplikasi yang akan diunduh juga penting. Selain tidak membebani penyimpanan, HP Anda juga akan lebih optimal dalam menjalankan aplikasi penting lainnya. Terlebih jika kapasitas RAM yang dimiliki HP Anda tidak terlalu besar.

Maka dari itu, unduh dan pasanglah aplikasi yang memang penting dan dibutuhkan saja. Jika ada aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan, lebih baik dihapus saja. Dengan begitu, kapasitas RAM dan storage HP Anda akan lebih lega.

Sisakan Kapasitas Memori Setidaknya 30%

Menyisakan kapasitas memori RAM sebanyak 30% menjadi cara menambah ram hp yang sangat berguna. Dengan cara ini, HP Anda bisa menjalankan aplikasi dengan lancar dan cepat. Bahkan, ketika HP digunakan untuk bermain game, Anda tidak akan menemukan masalah seperti lag atau macet.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengoptimalkan penggunaan RAM ini. Selain itu, aplikasi pihak ketiga biasanya menawarkan fitur-fitur lainnya seperti pembersih sampah, pengoptimalan kinerja, pendukung game, dan lainnya.

Namun, jika perangkat Android Anda sudah di-root, maka trik berikut ini sangat cocok untuk Anda. Trik ini membuat partisi baru di SD card yang berfungsi sebagai RAM kedua di perangkat Android Anda. Untuk menjalankan trik ini dengan sempurna, Anda harus memiliki SD card dengan minimal class 4. Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan SD card class 10.

Pertama-tama, unduh aplikasi MemoryInfo & Swapfile Check. Jalankan aplikasi tersebut dan berikan izin akses SuperUser. Setelah itu, klik “Start Ramexpander Test Here” di bagian bawah layar. Pilih SD-card atau Ext SD-card kemudian klik “Click For Result”. Jika pesan “Congratulations” muncul, maka Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi ROEHSOFT RAM-EXPANDER (SWAP) dari Google Play Store. Jalankan aplikasi tersebut lalu beri izin akses root. Gunakan slider untuk memilih berapa kapasitas SD card yang ingin dialokasikan sebagai RAM tambahan. Jika Anda bingung, pilih opsi “Optimal Value” untuk mengaturnya secara otomatis ke pengaturan terbaik. Aktifkan opsi “Autorun” agar fitur ini selalu berjalan otomatis ketika perangkat Android dinyalakan. Setelah itu, klik “Swap Activ” untuk mulai menambah RAM.

Setelah mengikuti cara menambah ram hp di atas, kini HP Anda dapat berjalan lebih lancar karena sudah memiliki RAM tambahan. Jika Anda memiliki masalah lain yang membuat perangkat Android menjadi lemot, silahkan simak tips mengatasinya di artikel lainnya. Selamat mencoba!


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *