Buzztrend.id – Cara menambah Like Fanspage pada Facebook menjadi salah satu hal yang vital bagi pebisnis online yang sedang mengembangkan brandnya. Hal ini karena berkaitan dengan tujuan perusahaan untuk menjangkau calon konsumen sebanyak-banyaknya.
Facebook sendiri adalah salah satu media sosial yang sangat cocok untuk mengembangkan bisnis. Alasannya sangat sederhana karena Facebook adalah salah satu media sosial dengan angka pengguna tertinggi khususnya di Indonesia.
Disamping itu budaya jual beli di Facebook lebih besar dibandingkan media sosial yang lain. Contohnya di Facebook memungkinkan orang berkumpul pada grup jual beli. Selain itu saat ini sudah tersedia juga fitur marketplace di Facebook. Hal itu menjadikan perputaran bisnis di Facebook sangat besar.
Atas alasan itulah pebisnis menjadikan Facebook sebagai ladang untuk mencoba melebarkan sayap usahanya. Namun hal itu tidak bisa instant. Seperti layaknya sebuah kegiatan pemasaran, perusahaan harus bisa mendapat audiens sebanyak mungkin. Dibutuhkan berbagai strategi agar produk bisa menyentuh banyak orang.
Berikut ini akan disampaikan mengenai cara menambah like fanspage Facebook bagi sebuah bisnis. Tentu saja ini bukan sebuah langkah instan untuk bisa menghadirkan ribuan audiens dalam waktu satu hari. Dibutuhkan proses dan ketekunan agar bisa berjalan sesuai rencana.
Berikut ada beberapa cara menambah like fanspage Facebook bagi pebisnis agar produknya dilihat lebih banyak calon konsumen di Facebook.
Konten Yang Menyasar ke Target Audiens
Agar bisa meraih simpati dan mendapat like di fanspage Facebook, maka seorang pebisnis harus memikirkan sebuah konten yang bisa menyasar target audiens. Konten harus sesuai dengan target pasar yang dituju. Apakah anak-anak, remaja, anak muda, ataupun orang tau.
Selain itu konten diusahan bisa memenuhi tiga unsur yaitu menghibur, mengedukasi dan menginspirasi. Selain itu bisa juga dengan membuat penotnon penasaran untuk mencari tahu lebih jauh lagi.
Untuk membuat konten dengan tiga unsur tadi, pembuat konten bisa melakukan riset tentang apa yang membuat audiens merasa terinspirasi, teredukasi dan terhibur. Lagi-lagi, pelajari apa akar masalah yang mereka punya, lalu suguhkan solusi lewat sebuah konten.
Hindari Konten yang hanya bersifat “Jualan”
Bayangkan jika menjelajahi Facebook dan halaman yang diikuti membuat postingan yang isinya promosi. Lalu, scroll ke bawah dan menemukan postingan lagi dari halaman sama yang lagi-lagi meminta untuk membeli sesuatu.
Apa yang akan dilakukan di posisi ini? Kebanyakan orang akan unlike atau bahan nge-block halaman Facebook tersebut.
Maka dari itu seimbangkan antara “jualan” dan “bercerita”. Bercerita disini maksudnya adalah memberikan edukasi, inspirasi serta hiburan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tadi. Pasalnya dengan konten yang sifatnya hanya “jualan” justru membuat orang akan antipati dan justru menjauhi fanspage tersebut.
Rutin Memposting Konten
Agar audiens tidak kabur dan meninggalkan fanspage Facebook sebuah bisnis, maka penting untuk memberikan sajian konten secara rutin. Hal itu akan membuat audiens merasa percaya dengan fanspage facebook dan akhirnya memberikan like pada fanspage tersebut.
Buat strategi jam-jam khusus untuk memposting konten. Agar mendapat gambaran lebih jelas mengenai waktu terbaik untuk posting konten di Facebook, maka bisa menggunakan infografis dari CoSchedule mengenai jam terbaik untuk posting di Facebook. Info tersebut memberikan gambaran mengenai waktu-waktu ketika banyak pengguna yang aktif.
Ikut Aktif di Grup yang Relevan dengan Fanspage
Cara menambah like fanspage Facebook selanjutnya ini juga terbukti sangat efektif dalam keberhasilan mengembangkan sebuah halaman bisnis di Facebook. Pebisnis harus rutin mengikuti grup-grup yang relevan dengan fanspagenya. Disini pebisnis bisa ikut bertanya mengenai apa yang dibutuhkan anggota grup, memberikan komentar ataupun memberikan jawaban terhadap suatu pertanyaan.
Jangan lupa juga untuk mencantumkan fanspage facebook di setiap keterlibatan tersebut. Dengan keramahan dan keaktifan di grup facebook hal itu bisa membangun kepercayaan anggota grup. Jika sudah begitu tujuan pebisnis untuk mempromosikan fanspagenya akan bisa berjalan dengan baik. Para anggota grup tak akan segan lagi untuk mengikuti dan memberikan like Fanspage Facebook. Jika sudah, tetap seterusnya jaga hubungan baik dengan para pengikut.
Lakukan Live Streaming Agar Semakin Dekat dengan Audiens
Melakukan Live Streaming akan bisa lebih mendekatkan dengan para audiens. Ada beberapa alasan kenapa live streaming sangat ampuh untuk membangun hubungan dengan pengikut, seperti:
- Pengikut merasa bahwa pemiliki fanspage sangat peduli dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh pengikut. Karena dengan live streaming akan bisa menciptakan sesi Tanya jawab secara langsung.
- Bagi pemilik fanspage, live streaming bisa untuk belajar lewat feedback dari para pengikut. Sehingga informasi-informasi yang didapatkan sangat berguna sebagai bahan untuk terus mengembangkan bisnis.
Adakan Giveaway
Agar supaya para pengikut bisa aktif dalam setiap postingan dari fanspage di facebook sekaligus menambah pengikut, maka adakan acara giveaway. Dalam kegiatan tersebut berikan syarat yang bisa membuat fanspage menjadi ramai. Misalnya peserta yang ingin ikut harus memberikan like, berkomentara dan menandai temannya di postingan giveaway.
Dengan begitu, akan bertambah pula orang-orang untuk dapat berpartisipasi. Pertimbangkan juga agar hadiah yang ditawarkan cukup menarik dan bermanfaat untuk audiens. Mengadakan event giveaway jelas sangat ampuh menjadi cara menambah like fanspage Facebook secara signifikan.
Event Giveaway ini sangat efektif dalam mengembangkan sebuah fanspage Facebook dengan biaya yang relatif kecil.
Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Mudah Tanpa Modal
Menggunakan Hashtag di Setiap Postingan
Memberikan hasstag juga sangat bagus dalam setiap postingan. Hal itu karena memungkinkannya untuk meningkatkan performa postingan di Facebook. Dalam hal ini berkaitan dengan meraih audiens lebih banyak lagi.
Biasanya hashtag ini lebih populer di Instagram maupun Twitter. Alasan mengapa orang umumnya tidak menggunakannya di Facebook adalah karena sebagian besar profil dibatasi (restricted) sehingga mengurangi jangkauan hashtag bagi orang yang melihat post.
Namun karena ini adalah fanspage sebuah akun bisnis yang sifatnya publik maka masuk akal untuk menaburkan beberapa hashtag di postingan agar membuatnya lebih terlihat.
Menggunakan Facebook Engagement Ads
Cara menambah like fanspage facebook yang selanjutnya ini sifatnya adalah berbayar. Namun memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan pengikut untuk sebuah fanspage. Engagement Ads adalah fitur berbayar dari Facebook yang berguna untuk mendapatkan lebih banyak followers pada halaman Facebook.
Iklan Facebook dapat meningkatkan visibilitas sebuah brand. Faktanya, hampir semua jenis promosi berbayar di Facebook dapat meningkatkan visibilitas sebuah postingan. Semakin banyak orang melihat suatu konten, semakin besar kemungkinan mereka memberikan like dan mengikuti sebuah fanspage Facebook.
Share Diskon Produk
Di sisi lain, konten promosi bukan hal yang buruk jika pebisnis bisa menawarkan apa yang audiens inginkan. Memberikan diskon dan harga murah pada produk akan membuat audiens tertarik dan membuat mereka mengunjungi fanspade facebook.
Selain itu dengan sering-sering share event promosi dan diskon di fanspage Facebook akan membuat audiens tergerak untuk mengikuti fanspage agar tidak ketinggalan informasi terbaru seputar promosi dan diskon dari perusahaan.