Cara Membuka Pola HP yang Lupa pada Perangkat Samsung: Dua Metode Mudah yang Wajib Anda Coba – Buzztrend

Cara Membuka Pola HP yang Lupa pada Perangkat Samsung: Dua Metode Mudah yang Wajib Anda Coba

Cara membuka hp samsung, lupa pola hp samsung – Sekitar sepuluh tahun yang lalu, ponsel genggam kita hanyalah perangkat simpel yang digunakan untuk berkomunikasi, menerima panggilan dan pesan teks saja. Namun sekarang, fungsi ponsel telah berkembang jauh melampaui itu. Sekarang, kita memiliki perangkat canggih dengan fitur-fitur keamanan canggih untuk membuka menu utama perangkat kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuka pola HP yang lupa pada perangkat Samsung.

Fitur Keamanan pada Ponsel Modern

Saat ini, ponsel sudah memiliki berbagai fitur canggih, baik yang menjadi fitur utama maupun sekunder. Salah satu fitur yang cukup populer dan sering digunakan oleh pengguna adalah fitur kunci pola (pattern lock). Fitur ini menjadi populer karena kemudahan dan kepraktisan penggunaannya.

Berdasarkan laporan dari Sciencedaily, kunci pola telah menjadi fitur keamanan pilihan bagi banyak orang dibandingkan dengan PIN atau kata sandi. Hampir 40 persen pengguna perangkat Android menggunakan fitur ini untuk melindungi perangkat mereka. Salah satu merek ponsel yang menggunakan fitur ini adalah Samsung.

Samsung dikenal sebagai salah satu brand ponsel pintar berbasis Android yang menggunakan fitur kunci pola dalam sistem keamanannya. Namun, fitur ini sering menjadi bumerang bagi pengguna yang sering merubah pola kuncinya atau bagi mereka yang memiliki ingatan yang kurang baik.

Lantas, bagaimana cara membuka pola hp yang lupa pada ponsel Samsung? Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas dua metode yang bisa anda coba.

Berikut beberapa cara membuka pola HP yang lupa

1. Manfaatkan Fitur Samsung Find My Mobile

Sekilas, Anda mungkin berpikir bahwa fitur Samsung Find My Mobile hanya digunakan saat Anda kehilangan ponsel dan ingin melacak keberadaannya. Ternyata, fitur ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membuka pola hp yang lupa pada ponsel Samsung. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba:

cara membuka pola HP yang lupa
  1. Pertama, Anda perlu membuka browser pada perangkat lain yang Anda miliki, baik itu laptop, komputer, atau ponsel pintar lainnya.
  2. Setelah itu, kunjungi portal Find My Mobile. Anda bisa mengklik link ini untuk mengunjunginya.
  3. Setelah Anda masuk ke halaman tersebut, klik tombol Sign In. Anda akan diminta untuk memasukkan akun Samsung Anda yang sebelumnya telah terhubung dengan ponsel Samsung yang lupa kunci pola.
  4. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat tampilan berupa peta dan beberapa menu. Karena kita membahas cara membuka pola hp yang lupa, maka Anda perlu mengklik menu Unlock.
cara membuka pola HP yang lupa
  1. Setelah itu, akan muncul kotak informasi yang menjelaskan bahwa menu Unlock digunakan untuk membuka kunci ponsel dari jarak jauh. Semua informasi kunci layar seperti Pola, PIN, Kata Sandi, dan Biometrik pada ponsel Anda akan dihapus.
  2. Klik tombol Unlock yang berwarna biru untuk membuka kunci.
  3. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa ponsel Samsung Anda telah berhasil dibuka.
  4. Terakhir, lihatlah layar ponsel Samsung Anda. Kunci pola yang sebelumnya ada sekarang sudah tidak ada lagi. Anda bisa menggunakan ponsel Anda seperti biasa dan membuat kunci pola baru jika Anda mau.

2. Melalui Metode Hard Reset

cara membuka pola HP yang lupa

Jika Anda tidak memiliki perangkat lain yang terkoneksi internet dan bisa digunakan untuk browsing, Anda masih bisa mencoba metode lain, yaitu Hard Reset. Namun, perlu diingat bahwa metode ini bisa berpotensi menghapus semua data yang ada di dalam ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan ponsel Anda memiliki daya baterai yang cukup. Hal ini penting agar proses reset dapat berjalan dengan lancar tanpa terganggu oleh baterai yang habis.
  2. Matikan ponsel Anda.
  3. Setelah itu, tekan tiga tombol fisik secara bersamaan sampai ponsel Anda bergetar. Untuk ponsel yang tidak memiliki tombol home (M10 s/d M40, A10 s/d M10, dan seterusnya), tekan tombol “Power + Volume Up + Volume Down. Sementara untuk ponsel seperti A1 s/d A9, J1 s/d J7, dan seterusnya, tekan “Home + Volume Up + Power”.
  4. Tunggu sampai muncul tampilan Android System Recovery.
  5. Pada tampilan ini, gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk navigasi, dan tombol Power atau Home untuk memilih.
  6. Pilih menu “Wipe Data/Factory Reset” dengan menekan tombol Volume Down.
  7. Kemudian, akan ada pilihan “Yes – Delete all user data”. Tekan “Tombol Power” untuk memilih dan memulai proses reset.
  8. Tunggu hingga proses reset selesai. Biasanya, ini akan memakan waktu kurang dari 10 menit, tergantung pada jumlah data yang ada di dalam ponsel Anda.
  9. Setelah proses reset selesai, pilih menu “Reboot System Now”.
  10. Ponsel Anda akan melakukan proses restart dan kini Anda bisa membuka ponsel Samsung yang sebelumnya lupa kunci pola.

Dengan mencoba dua metode di atas, Anda pasti akan bisa menemukan cara membuka pola hp yang lupa yang paling sesuai untuk Anda. Jadi, jangan pernah merasa takut atau khawatir jika Anda lupa pola kunci ponsel Anda. Selalu ada cara untuk mengatasinya.

3. Minta Bantuan Teman untuk Menelepon Ponsel Samsung Anda

Metode lain yang bisa Anda coba jika lupa pola hp samsung Anda adalah dengan meminta teman atau keluarga untuk menelepon ponsel Samsung Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pinjam perangkat ponsel orang terdekat dan minta mereka menelepon ponsel Samsung Anda. Perangkat apa pun yang dapat melakukan panggilan bisa digunakan, asalkan memiliki pulsa yang cukup.
  2. Selanjutnya, lakukan panggilan dari ponsel orang terdekat ke nomor ponsel Samsung Anda yang sedang terkunci.
  3. Setelah itu, terima panggilan tersebut dan tekan tombol Home Screen.
  4. Setelahnya, masuklah ke menu Pengaturan atau Settings.
  5. Akhirnya, pilih dan nonaktifkan fitur kunci pola.
  6. Selesai! Ponsel Samsung Anda sekarang sudah tidak terkunci lagi.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (dr.fone)

Opsi lain yang bisa Anda coba untuk membuka pola sandi yang lupa pada ponsel Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti dr.fone. Aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang secara gratis. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama adalah mengunduh dan memasang aplikasi dr.fone.
  2. Setelah aplikasi berhasil dipasang, buka aplikasi tersebut.
  3. Dalam tampilan awal aplikasi, Anda akan melihat banyak menu. Dari menu tersebut, pilih Screen Unlock.
  4. Selanjutnya, sambungkan HP Samsung Anda ke laptop atau komputer menggunakan kabel data atau USB.
  5. Matikan Samsung Anda.
  6. Lalu, tekan tombol home, tombol Volume Down, dan tombol Power secara bersamaan.
  7. Kemudian, tekan tombol Volume Up untuk masuk ke Mode Download.
  8. Setelah Anda memilih menu Mode Download, ponsel Samsung Anda akan mengunduh paket pemulihan secara otomatis.
  9. Tunggulah sampai proses pengunduhan selesai.
  10. Setelah proses pengunduhan selesai, aplikasi dr.fone akan secara otomatis bekerja dan menghapus sistem keamanan (kunci pola) pada Samsung Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuka pola hp yang lupa pada ponsel Samsung Anda. Apakah Anda memiliki cara lain yang lebih mudah? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar. Dan bagi Anda yang memiliki perangkat Asus dan lupa kata sandi, Anda bisa membaca artikel tentang cara mereset dan reboot HP Asus. Semoga informasi ini bermanfaat!

5. Melakukan Factory Reset

Jika semua metode di atas tidak berhasil membuka lupa pola hp samsung, Anda dapat mencoba melakukan factory reset pada ponsel Samsung Anda. Perlu diingat bahwa metode ini akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada pada ponsel Anda, jadi pastikan Anda telah membuat cadangan semua data penting sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Matikan ponsel Samsung Anda.
  2. Kemudian, tekan dan tahan tombol Volume Atas, tombol Home, dan tombol Power secara bersamaan sampai Anda melihat logo Samsung.
  3. Lepaskan semua tombol, dan Anda akan memasuki mode recovery.
  4. Gunakan tombol Volume Atas dan Volume Bawah untuk menavigasi dan pilih opsi “wipe data/factory reset” dengan tombol Power.
  5. Pilih “Yes” untuk mengonfirmasi penghapusan data.
  6. Setelah proses selesai, pilih “reboot system now” untuk memulai ulang ponsel Anda.

Setelah ponsel Anda selesai memulai ulang, pola kunci akan dihapus dan Anda dapat mengatur pola baru.

Kesimpulan

Lupa pola hp Samsung memang bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Namun, dengan berbagai metode yang telah dijelaskan di atas, Anda sekarang bisa membuka kembali ponsel Samsung yang terkunci akibat lupa pola. Mulai dari cara sederhana seperti meminta teman menelepon, menggunakan aplikasi pihak ketiga, hingga melakukan factory reset, semua dapat menjadi solusi untuk masalah Anda.

Ingatlah selalu untuk membuat cadangan data Anda dan mencatat pola atau password Anda di tempat yang aman dan terpisah dari ponsel Anda, untuk mencegah terjadinya situasi yang sama di masa mendatang.

FAQ

1. Apakah saya bisa membuka kunci pola jika saya lupa? Ya, Anda bisa membuka kunci pola meski Anda lupa. Anda bisa mencoba beberapa metode yang telah dijelaskan di atas.

2. Apakah ada aplikasi yang bisa membuka kunci pola? Ya, ada beberapa aplikasi seperti dr.fone yang dapat membantu membuka kunci pola pada ponsel Samsung.

3. Apakah factory reset akan menghapus semua data saya? Ya, melakukan factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada ponsel Anda. Oleh karena itu, selalu buatlah cadangan data Anda sebelum melakukan factory reset.

4. Bagaimana cara mengatur kunci pola baru setelah saya membukanya? Setelah Anda berhasil membuka kunci pola, Anda bisa pergi ke Pengaturan -> Layar Kunci dan Keamanan -> Pola. Di sana Anda dapat mengatur pola baru.

5. Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa pola kunci dan tidak bisa masuk ke ponsel Samsung saya? Anda bisa mencoba metode-metode yang dijelaskan di atas. Jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu membawa ponsel Anda ke pusat servis resmi Samsung.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *