Cara Melihat Spesifikasi PC Anda di Windows 11: Panduan Lengkap! – Buzztrend

Cara Melihat Spesifikasi PC Anda di Windows 11: Panduan Lengkap!

Cara Melihat Spesifikasi PC di Windows 11 adalah informasi yang penting untuk setiap pengguna PC. Apakah Anda seorang gamer yang ingin memastikan PC Anda cukup kuat untuk menjalankan game terbaru, atau seorang profesional yang memerlukan detail perangkat keras untuk pekerjaan Anda, mengetahui cara melihat spesifikasi PC Anda adalah suatu keharusan.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk melihat spesifikasi PC Anda di Windows 11, mulai dari penggunaan menu pengaturan, informasi sistem, hingga berbagai perangkat lunak dan perintah termasuk DirectX Diagnostic Tool (dxdiag), Command Prompt (CMD), dan Windows PowerShell. Kami juga akan membahas beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk tujuan ini.

Tak perlu khawatir, kami akan memandu Anda melalui setiap langkahnya dengan cara yang mudah dipahami. Mari kita mulai!

Mengapa Anda Perlu Mengetahui Spesifikasi PC Anda

Tidak peduli seberapa sering Anda menggunakan PC Anda, penting untuk mengetahui spesifikasi dari perangkat Anda. Mengetahui detail tentang komponen PC Anda seperti processor, motherboard, memori, dan kartu grafis dapat sangat membantu dalam berbagai situasi, mulai dari troubleshooting, hingga menentukan apakah PC Anda memenuhi persyaratan minimum untuk menginstal perangkat lunak atau game tertentu.

Windows 11 menyediakan berbagai metode untuk memeriksa spesifikasi PC Anda. Anda bisa menggunakan program utilitas bawaan, seperti menu pengaturan dan informasi sistem, atau aplikasi pihak ketiga. Teruslah membaca untuk mengetahui langkah-langkah rinci dalam melakukan semua ini.

Cara Melihat Spesifikasi PC Anda di Windows 11

Melalui Menu Pengaturan

Cara termudah untuk mengecek spesifikasi PC adalah melalui menu pengaturan di Windows 11. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Buka Start Menu dan klik pada Settings. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa mencari “Settings” menggunakan fitur pencarian.
  2. Setelah memasuki halaman Settings, klik pada System dan gulir ke bawah untuk menemukan About.
  3. Di sini, Anda akan menemukan semua informasi dasar tentang PC Anda, termasuk nama perangkat, jenis dan kecepatan processor, jumlah memori RAM, dan informasi lainnya.
image: pureinfotech com

Melalui Informasi Sistem

Windows 11 juga menyediakan alat built-in lain yang dikenal sebagai System Information. Alat ini menampilkan detail lebih lanjut tentang hardware dan software PC Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik ‘msinfo32’ dan tekan Enter.
  2. Di sini, Anda akan melihat ringkasan informasi perangkat Anda, termasuk sistem operasi, merek dan model, dan banyak lagi.
  3. Anda juga bisa membuka menu Components untuk melihat detail lebih lanjut tentang komponen individual seperti VGA, penyimpanan, jaringan, dan banyak lagi.

Melalui DirectX Diagnostic Tool (dxdiag)

Selanjutnya, kita memiliki DirectX Diagnostic Tool atau dxdiag. Meskipun tool ini pada dasarnya digunakan untuk memecahkan masalah terkait dengan audio dan video, itu juga memberikan informasi tentang spesifikasi hardware dan software PC Anda.

  1. Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik ‘dxdiag’ dan tekan Enter.
  2. Pada tab System, Anda akan melihat ringkasan informasi perangkat Anda.
  3. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa memeriksa tab Display, Render, dan Sound.

Menggunakan Perintah Command Prompt (CMD)

Command Prompt adalah utilitas baris perintah Windows yang memberikan akses ke berbagai fitur dan alat. Anda bisa menggunakannya untuk melihat spesifikasi PC Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt dengan mengetik ‘CMD’ di Start Menu.
  2. Setelah CMD terbuka, ketik ‘systeminfo’ dan tekan Enter. CMD akan menampilkan informasi terperinci tentang hardware dan software PC Anda.

Menggunakan Windows PowerShell

PowerShell adalah alternatif lain untuk Command Prompt yang juga bisa digunakan untuk melihat spesifikasi PC Anda. Berikut adalah cara menggunakan PowerShell untuk melihat spesifikasi PC Anda:

  1. Buka PowerShell dengan mengetik ‘PowerShell’ di Start Menu.
  2. Setelah PowerShell terbuka, ketik ‘Get-ComputerInfo’ dan tekan Enter. PowerShell akan menampilkan informasi terperinci tentang hardware dan software PC Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk melihat spesifikasi PC Anda. Beberapa pilihan populer termasuk CPU-Z, Speccy, PC Wizard, HWM Blackbox, dan Free PC Audit.

Program Utilitas Bawaan Brand / Vendor

Beberapa brand atau vendor perangkat PC dan laptop menyediakan program utilitas bawaan yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan memperbarui sistem mereka. Sebagai contoh, bagi pengguna Lenovo, aplikasi ‘Lenovo Vantage’ bisa digunakan untuk memeriksa, mengatur, dan memperbarui sistem.

Selain fungsi utamanya, program utilitas ini juga dapat digunakan untuk melihat spesifikasi perangkat Anda. Setiap brand atau vendor biasanya memiliki program utilitas unik mereka sendiri, jadi Anda mungkin perlu mencari program utilitas khusus untuk brand laptop atau PC Anda.

Misalnya, Lenovo Vantage dapat menampilkan berbagai informasi penting seperti tipe perangkat, kapasitas memori dan penyimpanan, status garansi, hingga pembaruan sistem. Pada halaman Device, Anda bisa mendapatkan informasi detil tentang merek, jenis, dan generasi Processor, RAM, dan penyimpanan yang digunakan.

CPU-Z

CPU-Z adalah salah satu program paling populer dan sering digunakan untuk mengecek spesifikasi perangkat. Dengan CPU-Z, Anda bisa melihat spesifikasi hardware dan software perangkat Anda secara detail dan instan. Program ini tersedia untuk sistem operasi Windows dan Android. Seperti aplikasi lainnya, Anda harus menginstall CPU-Z sebelum menjalankannya. Anda bisa mendownload CPU-Z dari situs web resminya.

Ketika menjalankan CPU-Z, aplikasi ini akan menampilkan detail tentang CPU yang terpasang pada PC atau laptop Anda, termasuk nama, kode, teknologi, spesifikasi, kecepatan core, kecepatan bus, dan banyak lagi. Anda juga bisa melihat detail tentang Caches, Mainboard, memory, SPD, Graphics, dan lainnya melalui tab yang berbeda.

Speccy

Speccy adalah alat lain yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi perangkat Anda. Ini dikembangkan oleh Piriform Software Ltd, perusahaan yang terkenal dengan berbagai program utilitas mereka seperti CCleaner, Defraggler, dan Recuva. Speccy tersedia dalam dua versi: gratis (free) dan berbayar (pro).

Dengan versi gratis Speccy, Anda bisa mendapatkan informasi detil tentang hardware dan software perangkat Anda. Sementara itu, dengan versi pro, selain mendapatkan informasi detil perangkat, Anda juga akan mendapatkan pembaruan otomatis dan dukungan pengguna premium. Anda bisa mengunduh Speccy dari situs web resminya.

Mencari Informasi Perangkat Berdasarkan Tipe

Cara lain untuk mengetahui spesifikasi perangkat Anda adalah dengan mencari informasi perangkat berdasarkan merek dan tipe PC atau laptop Anda. Anda bisa melakukan pencarian di Google untuk menemukan spesifikasi perangkat Anda. Misalnya, jika Anda memiliki laptop Lenovo IdeaPad 5i 14ITL05, Anda bisa mencari “Lenovo IdeaPad 5i 14ITL05” di Google, dan Anda akan mendapatkan informasi spesifikasi secara lengkap dan detail.

Cara ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mengetahui spesifikasi perangkat tetapi tidak bisa menjalankan PC atau laptop karena alasan tertentu.

Semoga panduan ini membantu Anda dalam menemukan spesifikasi perangkat Anda di Windows 11. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini atau meninggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan atau saran.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *