Cara Melihat Komentar di Twitter: Panduan Lengkap untuk Pemula – Buzztrend
cara melihat komentar di twitter

Cara Melihat Komentar di Twitter: Panduan Lengkap untuk Pemula

Jika Anda baru saja membuat akun Twitter, mungkin Anda masih awam tentang cara melihat komentar di Twitter. Tidak hanya itu, Anda juga mungkin belum tahu cara melihat balasan yang masuk ke akun sendiri, utas komentar di Twitter, serta deretan komentar di akun orang lain. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk memahami percakapan di Twitter dan menghindari kesalahpahaman.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat komentar di Twitter, baik itu komentar orang lain di tweet milik orang lain maupun komentar yang masuk ke akun pribadi. Kami juga akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana menghilangkan atau mengurangi nama akun yang menerima balasan komentar, serta bagaimana melihat isi komentar yang dibatasi oleh sebuah akun.

Cara Melihat Komentar Orang Lain di Twitter

Sebenarnya, Cara melihat komentar di Twitter sangat mudah. Meskipun pemilik akun membatasi kolom komentarnya, Anda tetap bisa melihatnya selama akun tersebut tidak di-privat atau di-kunci.

Berikut adalah langkah-langkah cara melihat komentar di Twitter:

Cara Melihat Komentar di Twitter
  1. Buka akun Twitter lewat aplikasi di HP atau melalui PC
  2. Lihat bagian beranda dan pilih salah satu status atau tweet milik orang lain
  3. Klik pada bagian tweet tersebut (jangan diklik pada ikon komentar)
  4. Scroll ke bawah untuk melihat semua komentar yang ada

Perlu diketahui, ketika Anda mengklik ikon komentar di Twitter, maka Anda tidak akan melihat isi komentarnya. Melainkan, Anda akan membalas tweet atau cuitan tersebut secara langsung dan akan terhubung oleh satu utas.

Utas ditandai dengan garis tegak lurus (vertikal) yang menghubungkan antara satu akun dengan lainnya. Bisanya muncul sebagai tanda adanya keterkaitan atau balasan antar pengguna.

Untuk menghindari kesalahpahaman, Anda dapat melihat posisi username yang muncul pertama kali. Jika nama pengguna yang muncul di barisan paling depan milik orang lain, berarti komentar tersebut ditujukan untuk komentator lain yang kemungkinan masih satu utas dengan komentar Anda. Namun jika username Anda yang muncul di barisan paling awal atau depan, berarti komentar tersebut ditujukan pada Anda.

Untuk memastikan alur obrolan di ruang kolom komentar dan melihat utas yang tersambung, Anda bisa memeriksanya dengan mengklik komentar utama atau langsung klik posting-an konten terlebih dahulu.

Cara Melihat Komentar di Twitter yang Masuk ke Akun Pribadi

Setelah meninggalkan komentar di sebuah cuitan milik orang lain, Anda juga bisa melihat balasan yang masuk lewat notifikasi (ikon lonceng) yang ada di sebelah menu DM (Direct Message) Twitter untuk mengirim pesan pribadi.

Pada dasarnya, fitur notifikasi di Twitter memuat 2 menu:

  • All: berisi jumlah likes, retweet cuitan, quote tweet, dan seluruh komentar yang masuk
  • Mention: berisi komentar, tag akun, dan semua balasan tweet secara spesifik

Untuk melihat balasan yang masuk ke akun pribadi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka akun Twitter
  2. Klik ikon lonceng untuk melihat seluruh notifikasi yang masuk
  3. Klik menu Mention untuk melihat balasan dari netizen lain
  4. Balas lewat kolom Tweet your reply dan klik Reply

Ketika Anda membalas komentar, ada tips yang bisa Anda terapkan. Anda bisa menghilangkan atau mengurangi nama-nama akun yang turut menerima balasan komentar. Caranya adalah dengan mengklik daftar username di kolom komentar pada “Replying to @username1 @username2 @username3” kemudian hilangkan tanda centang pada username yang dinilai tidak perlu ikut menerima balasan dari Anda. Setelah itu, klik Done dan komentar hanya akan muncul pada akun-akun yang Anda kehendaki saja.

Bisakah Melihat Isi Komentar yang Dibatasi?

Pada beberapa akun, fitur komentar dapat dibatasi oleh pemilik akun. Hal ini dilakukan agar hanya orang-orang yang di-follow atau di-mention oleh akun tersebut saja yang bisa membalas komentar. Meskipun demikian, orang lain yang tidak mengikuti akun tersebut masih dapat melihat isi komentar.

Komentar yang dibatasi akan berwarna gelap dan ketika diklik akan muncul pemberitahuan “Who an reply? People @namaakun follows or mentioned can reply” yang berarti “Siapa yang bisa membalas? Orang-orang yang diikuti oleh @namaakun saja atau yang disebut yang bisa membalasnya.”

Untuk melihat komentar di akun yang membatasi pengaturannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka akun Twitter yang ingin Anda lihat komentarnya
  2. Pilih salah satu tweet yang memiliki komentar
  3. Klik ikon komentar pada tweet tersebut
  4. Jika komentar dibatasi, Anda hanya dapat melihat isi komentar tanpa bisa membalasnya

Tips Menggunakan Twitter dengan Bijak

Media sosial seperti Twitter dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk mengobrol, berdiskusi, dan mendapatkan informasi. Namun, pengguna juga harus menggunakan Twitter dengan bijak dan bertanggung jawab agar tidak memicu kegaduhan dan keributan di jagat maya.

Beberapa tips untuk menggunakan Twitter dengan bijak adalah:

  • Berpikir sebelum memposting sesuatu
  • Memeriksa kembali fakta sebelum memposting informasi
  • Tidak mengirimkan pesan berbau pelecehan, rasis, atau diskriminatif
  • Menghindari perdebatan yang tidak perlu
  • Menyertakan sumber jika mengutip informasi dari sumber lain

Dengan menggunakan media sosial secara bijak, pengguna dapat memaksimalkan manfaat dari platform tersebut tanpa merugikan orang lain atau diri sendiri.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara melihat komentar di Twitter, baik itu komentar orang lain di tweet milik orang lain maupun komentar yang masuk ke akun pribadi.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *