Aturan Perjalanan Darat 250 Km Wajib PCR / Antigen Dicabut! Begini Aturan Terbaru Kemenhub – Buzztrend
Peraturan perjalanan darat

Aturan Perjalanan Darat 250 Km Wajib PCR / Antigen Dicabut! Begini Aturan Terbaru Kemenhub

Buzztrend – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan kembali merubah aturan perjalanan dalam negeri, pada hari Selasa (02/11/2021). Terutama peraturan perjalanan darat yang kini tidak diwajibkan tes PCR maupun antigen. Peraturan yang dicabut mengenai syarat PCR yang diwajibkan tes PCR atau antigen dengan jarak sejauh 250 kilometer.

SE Menteri perhubungan tersebut mengatur mengenai persyaratan yang wajib dibawa oleh pengguna jalan darat yang sebelumnya harus menempuh jarak 250 kilometer dengan lama perjalanan yakni 4 jam. Pengendara harus membawa dokumen fisik berupa kartu vaksin (dosis pertama) beserta surat negatif Covid-19 dan hasil tes PCR.

“Keempat SE Kemeneterian Perhubungan (Kemenhub) diterbitkan yang menunjukan pada instruksi Menteri Dalam Negei (Mendagri) Nomor 57 Tahun 2021, SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 22 Tahun 2021,” ujar Adita Irawati Juru Bicara Kementerian Perhubungan, dikutip dari detik.com pada Rabu (03/11/2021).

Namun sekarang kabar bahagianya aturan tersebut telah dihapus oleh Kementerian Perhubungan pada hari Selasa (02/10/2021).

Aturan tersebut kini sudah tidak berlaku lagi. Peraturan perjalanan darat dinilai membingungkan bagi masyarakat. Selain itu peraturan perjalanan darat dinilai tidak efektif jika diberlakukan.

Perubahan peraturan perjalanan darat diatur dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan pada Nomor 90 Tahun 2021.

Bersumber dari detik.com berikut ini merupakan  keempat SE Kementerian Perhubungan yang baru dikeluarkan dan menggantikan peraturan sebelumnya.

  1. SE Nomor 86 perubahan pada SE No. 90 tahun 2021
  2. SE Nomor 87 perubahan pada SE No. 91 tahun 2021
  3. SE Nomor 88 perubahan pada SE No. 92 tahun 2021
  4. SE Nomor 89 perubahan pada SE No. 92 tahun 2021

Berikut ini peraturan perjalanan yang diatur dalam SE tersebut :

Transportasi udara

  1. Penerbangan yang dilakukan dari Jawa-Bali penumpang wajib membawa dokumen seperti hasil Rapid test Antigen yang memiliki jangka waktu 1 x 24 jam (sebelum keberangkatan) dengan catatan sudah divaksin dosis satu dan dua. Jika tidak menggunakan tes Antigen, sebagai berkas pengganti dapat menggunakan RT-PCR dengan jangka waktu 3 x 24 jam (sebelum keberangkatan) dengan catatan minimal vaksin dosis pertama.
  2. Penerbangan wilayah dalam Jawa-Bali. Penumpang membawa berkas hasil negative Covid-19 Rapid Test Antigen dengan kurun waktu 1 x 24 jam, sebelum keberangkatan dengan catatan sudah dua kali vaksin.

Jika tidak menggunakan Test Antigen bisa menggunakan Test RT-PCR dengan kurung waktu 3 x 24 jam, catatan minimal vaksin dosis 1 sebelum keberangkatan.

  1. Penerbangan di luar Jawa- Bali. Penumpang wajib membawa dokumen surat negative Rapid Test Antigen dengan jangka waktu 1 x 24 jam atau dapat menggunakan RT-PCR dengan jangka waktu pengambilan sampel 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Dengan catatan minimal vaksin dosis pertama.

Peraturan perjalanan darat

  1. Perjalanan darat menggunakan motor dengan perseorangan, kendaraan bermotor umum, menggunakan angkutan umum, dan moda transportasi penyebrangan di daerah Jawa-Bali serta wilayah luar Jawa-Bali. Dengan kategori wilayah yang memiliki status PPKM level 3 sampai 1 harus membawa dokumen seperti kartu vaksin, hasil negative Rapid dengan pengambilan sempel maksimal 1 x 24 jam, dan vaksin minimal dosis pertama.
  2. Pengguna moda transportasi darat yang rutin digunakan dalam perkotaan tidak diwajibkan untuk membaw dokumen seperti keterangan negative Rapid Test PCR maupun Antigen serta tidak diwajibkan menunjukan kartu vaksin.

Peraturan perjalanan menggunakan transporatasi kereta api

  1. Pengguna moda transportasi kereta api antar kota maupun antar daerah harus membawa kartu vaksin dengan minimal dosis pertama. Beserta keterangan negative Antigen dengan jangka waktu maksimal 1 x 24 jam.
  2. Pengguna moda ketera api antar kota di luar Jawa Bali harus membawa kartu vaksin, dengan catatan sudah divaksin dosis pertama. Dan membawa hasil negative Antigen dengan jangka waktu maksimal 1 x 24 jam.

Peraturan perjalanan laut

Peraturan perjalanan laut yang melakukan perjalanan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain wajib membawa dokumen seperti kartu vaksin dengan minimal dosis pertama. Selain itu penumpang wajib membawa hasil negative Rapit Tes Antigen dengan jangka waktu maksimal 1 x 24 jam.

Baca juga :

Aturan perjalanan darat

 

 

 


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *